Bocah AS Temukan Fosil Diduga Gigi 'Naga' Usia 12 Ribu Tahun

CNN Indonesia
Jumat, 08 Okt 2021 20:30 WIB
Gigi hewan purba ditemukan bocah saat sedang bertamasya di Cagar Alam Bukit Dinosaurusm ASpada 6 September 2021. Ilustrasi gigi hewan purba. (Foto: Christophe ARCHAMBAULT / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang anak laki-laki di Michigan, Amerika Serikat, Julian Gagnon, baru-baru ini menemukan batu yang menyerupai gigi yang ia kira milik dinosaurus saat sedang bertamasya bersama keluarganya di Cagar Alam Bukit Dinosaurus pada 6 September 2021.

Diberitakan, penemuan benda itu saat bocah sedang mendaki bersama keluarganya ketika dia melangkah ke sungai dan tersandung sesuatu yang menyerupai gigi.

Namun, setelah menyerahkan benda itu ke Museum Ahli Paleontologi Universitas Michigan, ahli panteologi menyatakan bahwa benda tersebut ialah gigi geraham kanan bagian atas mastodon remaja, spesies yang hidup di Michigan sekitar 12 ribu tahun lalu. Bukan gigi naga seperti yang diduga Gagnon.


"Saya hanya merasakan sesuatu di kaki saya, dan saya meraihnya. Pencarian Google di rumah mengisyaratkan bahwa gigi itu kemungkinan bukan milik dinosaurus," kata Julian seperti dikutip Live Science.

Sementara itu, manajer koleksi museum penelitian museum paleontologi, Adam Rountrey, menyampaikan hewan purba mastodon relatif langka di Michigan.

Para ahli mengatakan mastodon diketahui pernah tinggal di Michigan, penemuan langka karena bangkai hewan biasanya diambil oleh pemulung jauh sebelum mereka bisa menjadi fosil.

"Tetap dibandingkan dengan tempat lain di Amerika Serikat, sebenarnya ada lebih banyak kejadian," sambungnya.

Keluarga Julian menyumbangkan gigi itu ke museum, yang mengatakan Julian akan diberi hadiah atas sumbangannya dengan tur di belakang layar bulan ini dilansir fiorreports.

"Ini hanya memicu semangatnya untuk arkeologi dan paleontologi. Sejauh yang dia ketahui, ini adalah penemuan pertamanya dalam kariernya, dan sekarang sulit untuk mencegahnya mengambil apa pun yang dia lihat di alam," ucap ibunda Julian.

(mts/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER