Toyota Jual Suzuki Ertiga Pakai Nama Rumion di Afsel

fea, CNN Indonesia | Selasa, 12/10/2021 11:00 WIB
Toyota Rumion merupakan model ketiga hasil kerja sama dengan Suzuki setelah Glanza (Suzuki Baleno) dan Urban Cruiser (Suzuki Vitara Brezza). Toyota Rumion berbasis Suzuki Ertiga meluncur Senin (11/10) di Afrika Selatan. (toyota.co.za)
Jakarta, CNN Indonesia --

Toyota meluncurkan model baru bernama Rumion di Afrika Selatan yang merupakan model kembar Suzuki Ertiga. Toyota nampaknya sangat memanfaatkan kerja samanya dengan Suzuki di India yang sebelumnya sudah menghasilkan Glanza (Suzuki Baleno) dan Urban Cruiser (Suzuki Vitara Brezza).

Penampilan fisik Rumion sangat mirip Ertiga, pembeda paling kentara yaitu logo Toyota yang ada di depan dan belakang. Detail lain yang beda yaitu gril radiator Rumion yang terdiri dari tiga bilah sejajar.

Toyota Rumion berbasis Suzuki Ertiga meluncur Senin (11/10) di Afrika Selatan.Toyota Rumion berbasis Suzuki Ertiga meluncur Senin (11/10) di Afrika Selatan. (toyota.co.za)

Sedangkan mesin yang digunakan juga seperti Ertiga, yakni 1.500 cc yang menghasilkan 103 hp dan torsi 138 Nm. Lalu pilihan transmisinya juga sama, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.


Financial Express menjelaskan Rumion tersedia tiga varian, yaitu S, SX, dan TX. Lalu ada lima pilihan warna, Mystic Pearl White, Azure Blue, Seal Grey Metallic, Autumn Blaze Red, dan Shadow Black Pearl.

Hindustan Times Auto mengatakan Rumion yang diproduksi di India kini hanya dijual di Afrika Selatan. Tak ada konfirmasi model ini bakal dijual di negara lain.

Toyota Rumion berbasis Suzuki Ertiga meluncur Senin (11/10) di Afrika Selatan.Toyota Rumion berbasis Suzuki Ertiga meluncur Senin (11/10) di Afrika Selatan. (toyota.co.za)

Namun menariknya, jika melihat ke situs resmi Toyota Afrika Selatan, Rumion dijual berdampingan dengan Toyota Avanza. Hal ini sedikit unik lantaran Rumion-Ertiga berada di pasar yang sama yaitu low MPV seperti di Indonesia.

Selain Rumion, Toyota juga terdeteksi bakal punya model keempat yang diambil dari basis mobil Suzuki, yaitu Belta yang merupakan model kembar Suzuki Ciaz. Belum diketahui pasti rencana Toyota menjual Belta, namun sudah dipastikan sedan Yaris (Vios) pensiun di India.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK