Arus Bawah Laut, Diduga Sebab Celaka Kapal Selam AS-Nanggala

CNN Indonesia | Selasa, 12/10/2021 14:05 WIB
Arus bawah laut diduga jadi penyebab celaka kapal selam AS USS Connecticut di Laut China Selatan hingga tenggelamnya KRI Nanggala 402. Arus bawah laut diduga jadi penyebab celaka kapal selam AS USS Connecticut di Laut China Selatan hingga tenggelamnya KRI Nanggala 402. (Tangkapan layar web navy)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ilmuwan menduga arus bawah laut menjadi penyebab celaka kapal selam Amerika Serikat, USS Connecticut, di Laut China Selatan beberapa waktu lalu, serupa dengan kasus tenggelamnya KRI Nanggala-402 April lalu.

Untuk itu, ilmuwan China melakukan uji coba alat pemantau di Laut China Selatan yang dapat meningkatkan kemampuan deteksi terhadap arus bawah laut atau gelombang laut dalam (internal waves) yang berpotensi membahayakan kapal selam.

Pengujian ini dilakukan usai terjadi kasus kapal selam Amerika Serikat, USS Connecticut, yang menabrak objek tak dikenal saat menyelam di Laut China Selatan dan melukai 11 awak.


Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Earth Science Frontiers yang sudah diulas rekan sejawat, ilmuwan tersebut mengatakan 1,4 ton sensor dapat dioperasikan di dasar dan permukaan laut selama beberapa minggu untuk merespon sinyal kapal utama.

"(Sensor akan mengumpulkan) banyak data observasi lapangan yang sangat dibutuhkan untuk mengungkap lebih jauh tentang mekanisme dari gelombang laut dalam di dasar laut," kata Professor Jia Yonggang dan Kolega di Ocean University, China seperti tertulis pada penelitian tersebut.



Diperkirakan objek yang ditabrak oleh kapal selam AS itu adalah imbas dari gelombang laut dalam seperti dilansir dari SCMP. Gelombang serupa yang diduga jadi penyebab tenggelamnya kapal selam Nanggala yang menewaskan 53 awak di perairan utara Bali pada April lalu. 

Dugaan gelombang laut dalam muncul setelah gambar satelit menunjukkan foto gelombang di wilayah terjadinya tragedi tersebut. Hingga saat ini, penyebab tenggelam kapal yang tengah melakukan latihan tersebut masih dilakukan.

Apa Itu Gelombang Laut Dalam atau Arus Bawah Laut?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK