Instagram Beri Tips Cara Atasi dan Cegah Akun yang Diretas

CNN Indonesia | Selasa, 12/10/2021 15:00 WIB
Instagram membagikan tips cara mengatasi dan mencegah akun pengguna sosial media itu jika mengalami peretasan. Ilustrasi. Instagram membagikan tips cara mengatasi dan mencegah akun pengguna sosial media itu jika mengalami peretasan. (iStockphoto/grinvalds)
Jakarta, CNN Indonesia --

Instagram memberikan sejumlah tips untuk mencegah akun diretas seperti kasus Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Sebelumnya, akun Instagram Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sebelumnya dilaporkan telah diretas oleh orang tak dikenal pada Jumat (8/10) pukul 23.00 WIB hingga Sabtu (9/10) pukul 01.00 WIB dini hari. Namun, akun tersebut telah pulih pada Sabtu.

"Ketika kami mendapatkan laporan mengenai kejadian ini, tim internal kami segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan. Saat ini akun @pemkot_solo telah kembali normal," jelas representatif Facebook lewat keterangan yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (12/10).


Instagram pun lantas membagikan sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menjaga akun pengguna dari peretasan.

Tips agar akun Instagram tak diretas

Kata sandi kuat

Instagram mengatakan langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memilih kata sandi yang kuat.

"Gunakan kombinasi setidaknya berupa 6 karakter yang terdiri dari angka, huruf, dan tanda baca (misal, ! dan &)," tulis mereka dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (12/10).

Kata sandi beda

Yang kedua, jangan gunakan kata sandi yang sama untuk log in ke aplikasi atau layanan lainnya. Pastikan Anda menggunakan kata sandi yang kompleks, unik, dan berbeda untuk masing-masing layanan.

Hapus aplikasi pihak ketiga

Ketiga, segera hapus akses ke aplikasi-aplikasi pihak ketiga.

"Hapus akses ke aplikasi-aplikasi pihak ketiga karena aplikasi-aplikasi tersebut dapat membuka informasi log in Anda," tulis Instagram.

Autentikasi dua faktor

Dan yang terakhir, Nyalakan fitur autentikasi dua faktor untuk menambahkan lapisan keamanan di akun Anda. Anda dapat menggunakan nomor telepon Anda atau autentikasi dua faktor dari aplikasi pihak ketiga yang terpercaya, seperti DUO Mobile atau Google Authenticator sebagai metode keamanan utama Anda.

Cara atasi akun Instagram diretas

Lebih lanjut, Instagram juga memberikan informasi terkait beberapa tindakan yang bisa diambil untuk mengamankan akun jika Anda merasa bahwa akun Anda telah diretas atau diambil alih orang yang tidak bertanggung jawab.

Cek email

Pertama, periksa akun email Anda untuk melihat pesan dari Instagram.

"Jika Anda menerima email dari Instagram yang memberi tahu bahwa alamat email Anda telah diubah, Anda bisa membatalkannya dengan menggunakan opsi kembalikan perubahan ini di pesan tersebut," tulis mereka.

Baru-baru ini, Instagram juga meluncurkan fitur "Email dari Instagram" di aplikasi Instagram yang dapat membantu Anda memeriksa validitas email yang Anda terima dan mengatasnamakan Instagram.

Untuk mengakses "Email dari Instagram", tekan simbol tiga titik (...), pilih "Pengaturan", tekan "Keamanan", pilih "Email dari Instagram".

Lapor ke Instagram

Kedua, jika informasi tambahan juga diubah (misalnya: kata sandi), dan Anda tidak bisa mengembalikan alamat email Anda, laporkan akun itu kepada pihak Instagram, melalui langkah-langkah yang telah diuraikan dalam Pusat Bantuan Instagram berikut ini untuk menggunakan formulir bantuan dalam aplikasi guna memulihkan akun mereka.

"Selain itu, kami juga telah mengambil langkah-langkah lainnya untuk melindungi para pengguna dari peretasan. Sebagai contoh, apabila sistem kami mendeteksi upaya log in yang mencurigakan, misalnya Anda mencoba log in dari sebuah lokasi yang jauh untuk dari domisili Anda untuk pertama kalinya, Anda akan menerima sebuah notifikasi dan diminta untuk memverifikasi akun Anda," tulis Instagram.

(mrh/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK