Mobilio Cuma Laku 1 Unit, Avanza 7.500 Unit di September

CNN Indonesia | Selasa, 12/10/2021 17:16 WIB
Penjualan Mobilio terganggu lantaran Honda memilih Brio sebagai prioritas produksi saat bermasalah kelangkaan chip semikonduktor. Honda Mobilio. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penjualan (wholesalesHonda Mobilio tercatat hanya satu unit pada September, angka itu berarti distribusi dari pabrik Honda ke dealer nyaris tidak ada. Hal ini berkaitan dengan produksi Mobilio yang dihentikan per September karena masalah chip semikonduktor.

Berdasarkan data Gaikindo, Mobilio adalah low MPV yang penjualannya paling kecil selama bulan tersebut.

Dalam data wholesales terlihat satu unit yang berhasil terlego merupakan Mobilio varian RS tipe CVT. Sedangkan angka retail atau berarti penjualan dealer ke konsumen tercatat 127 unit pada periode yang sama.


Sementara itu Toyota Avanza terpantau menjadi penguasa pasar pada segmen Low MPV pada September dengan perolehan 7.531 unit, lalu urutan kedua ditempati Mitsubishi Xpander yang penjualannya terpaut jauh 2.613 unit.

Di bawah Xpander ada Daihatsu Xenia dengan catatan 1.121 unit, lalu Suzuki Ertiga 963 unit, dan Wuling Confero 614 unit. Berikutnya urutan enam atau dua terbawah ada Nissan Livina dengan angka 371 unit.

Menyelamatkan Brio

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director Honda Prospect Motor, membenarkan wholesales Mobilio hanya satu unit akibat kekurangan kompomen chip semikonduktor.

Ia membantah aktvitas wholesales yang menyusut akibat penghabisan stok untuk persiapan generasi terbaru. Billy menerangkan pihaknya sengaja menekan produksi Mobilio untuk mengejar pemenuhan pemesanan Brio terhadap komsumen Honda.

"Komponen yang terkena dampak chip shortage yang dipakai Honda Brio dan Honda Mobilio itu sama," kata Billy.

Ia mengatakan mulai bulan ini produksi Mobilio akan ditingkatkan.

Daftar penjualan Low MPV September 2021

Toyota Avanza 7.531 unit
Mitsubishi Xpander 2.613 unit
Daihatsu Xenia 1.121 unit
Suzuki Ertiga 963 unit
Wuling Confero 614 unit
Nissan Livina 371 unit
Honda Mobilio 1 unit

[Gambas:Video CNN]

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK