Netizen Riuh Bisa Intip Belanjaan Teman di Aplikasi Shopee

CNN Indonesia
Jumat, 15 Oct 2021 11:52 WIB
Shopee mendapat sorotan netizen lantaran fitur baru yang membuat pengguna bisa saling mengintip belanjaan teman. Ilustrasi. Shopee mendapat kecaman netizen lantaran fitur baru yang membuat pengguna bisa saling mengintip belanjaan teman. (Shopee)
Jakarta, CNN Indonesia --

Shopee disebut telah melanggar aturan privasi usai fitur baru yang isinya bisa mengintip aktivitas teman di aplikasi viral dan ramai dibicarakan di media sosial.

Sebelumnya, viral di media sosial soal fitur pengaturan kebijakan privasi di akun Shopee yang dianggap netizen menganggu. Dalam fitur pengaturan tersebut, pengguna bisa mengintip aktivitas pengguna lain di Shopee yang diangap sudah melanggar aturan privasi.

Hal itu viral usai thread yang dibuat akun @efify di Twitter. Dalam celotehnya, dia mengingatkan para pengguna Shopee lain untuk berhati-hati.


"BE CAREFUL ! Buat temen-temen pengguna @ShopeeID yang emang belum tahu atau gak nyadar, coba cek pengaturan privasi nya deh. Pas buka chat, aneh ada tab baru aktivitas temen. Pas gue buka, isinya barang yang dibelanjain temen gue dan dia review barang apa aja. Ngeri njir," tulis akun @efify.

Lewat fitur baru tersebut, ia menyebut sesama teman di Shopee bisa melihat aktivitas termasuk barang apa saja yang dibeli pengguna lain.

Akun resmi @ShopeeID sebenarnya memberikan tanggapan dengan membalas thread akun @efify tersebut. Akun ini menjelaskan bahwa hal itu terjadi lantaran Shopee merilis fitur baru Shopee Friends.

"Hi kak, maaf udah buat gak nyaman. Shopee merilis fitur baru Shopee Friends. Fitur ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi & retensi pembeli dengan mengembangkan interaksi sesama pengguna Shopee," cuit @ShopeeID .

Dalam penjelasannya Shoppe menyebut pengguna bisa memilih untuk menonaktifkan privasi agar aktivitas yang dilakukan tidak terlihat oleh orang lain.

Caranya, pengguna tinggal meng-klik halaman Saya > Pengaturan Akun > Pengaturan Privasi > lalu klik bagian Pengaturan Status Sosial atau klik link https://shp.ee/hkpkmjf.

Admin lain di akun @ShopeeID memnambahkan pengguna memiliki kontrol penuh untuk bisa mengatur privasi akun terkait riwayat kegiatan. Pengaturan fitur Aktivitas Teman dilakukan dengan cara klik "saya" > Pengaturan Akun>Pengaturan Privasi.

CNNIndonesia.com sudah mengonfirmasi mengenai hal ini kepada pihak Shopee Indonesia namun belum mendapat penjelasan lebih lanjut.

Netizen lain banyak yang ikut berkomentar pada thread yang dibuat oleh akun @efify.

Seorang pengguna mengadukan terkait perlindungan privasi konsumen Shopee ke akun YLKI dan Kemenkominfo.

"@YLKI_ID,@kemkominfo. Perlindungan privasi konsumen amburadul. Data breach (peretasan) toko sebelah kmrn aja gak disangsi, apalagi ini. Dalihnya 'kan bs opt-out'? ya izin dl malih, (buat) opt-in. itupun kalo ada di ToS (term of service/ ketentuan layanan)," cuitnya.

Pengguna lain juga mengecam fitur ini sebagai pelanggaran privasi.

"@ShopeeID kemarin ada temen saya juga update status WA kalau dia tahu barang apa aja yang dibeli temannya (ngasih tahu fitur baru ini), menurut saya akses ini dengan alasan kan bisa dinonaktifkan atau bisa setuju tetap saja melanggar hak privasi seseorang," cuit @irmaaaew.

(eks/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER