Misi Lucy: Alasan NASA Meluncur ke Asteroid 12 Tahun

CNN Indonesia
Sabtu, 16 Oct 2021 07:00 WIB
NASA bakal meluncurkan misi Lucy hari ini yang akan menjelajah asteroid selama 12 tahun. Ilustrasi. NASA bakal meluncurkan misi Lucy hari ini yang akan menjelajah asteroid selama 12 tahun. (AP/John Raoux)
Jakarta, CNN Indonesia --

NASA bakal meluncurkan Misi Lucy hari ini yang bakal menjelajahi asteroid Trojan selama 12 tahun yang bertujuan untuk mempelajari terbentuknya planet-planet di Tata Surya.

NASA menyebut misi Lucy telah dijadwalkan untuk lepas landas pada 16 Oktober mendatang. Ini akan menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang menjelajahi asteroid Trojan Jupiter dan juga yang pertama memeriksa beberapa target tata surya independen.

Asteroid Trojan sebagian besarnya merupakan sisa dari pembentukan tata surya. Menurut NASA, asteroid Trojan ini mengelilingi matahari dalam dua kelompok di mana yang satu mendahului dan yang lainnya mengikuti Jupiter dalam orbitnya dari matahari.


Asteroid ini digambarkan sebagai gugusan butiran batu dan es yang tidak menjadi planet ketika alam semesta terbentuk. Asteroid ini merupakan sisa bahan mentah dari pembentukan planet raksasa Tata Surya seperti Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus yang berbagi orbit dengan Jupiter saat mengelilingi Matahari.

Inilah sebabnya mengapa Trojan dianggap sebagai bukti terbaik yang tersisa untuk mempelajari lebih lanjut tentang pembentukan tata surya. Dilansir situs NASA, Misi Lucy menjanjikan untuk merevolusi pemahaman kita tentang asal usul dan evolusi Tata Surya sama halnya seperti fosil Lucy yang merevolusi pemahaman manusia sebagai spesies.

Pesawat ruang angkasa NASA, Lucy, akan mempelajari asteroid Trojan dari dekat dan diharapkan dapat membantu para ilmuwan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana planet-planet di tata surya kita terbentuk 4,5 miliar tahun yang lalu. Selain untuk mencari jawaban kenapa mereka berakhir dalam konfigurasinya saat ini.

Para ilmuwan disebut akan menggunakan kamera hitam putih Lucy untuk menghitung jumlah kawah di permukaan asteroid yang akan memungkinkan mereka mempelajari lingkungan tempat asteroid terpapar miliaran tahun lalu.

Misi Lucy yang rencananya menempuh perjalanan selama 12 tahun itu menjadikannya misi terpanjang NASA sejauh ini. Pada tahun 2025, Lucy direncanakan akan terbang melewati Donaldjohanson yang mengorbit di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter.

Dikutip Business Insider, pesawat ruang angkasa itu juga akan mencapai kawanan pertama Trojan pada Agustus 2026. Pada September 2027, ia akan terbang melalui Polymele, dan Leucus pada 2028 dan kemudian Orus pada November 2028.

Lucy akan berayun kembali melewati bumi dengan bantuan gravitasi ketiga ke sisi lain Jupiter. Di sini ia akan bertemu dengan Ptroclus dan Meonetius pada tahun 2033.

Perjalanan 12 tahun Lucy diperkirakan akan berakhir dengan dua cara, yakni kembali ke bumi sebagai artefak atau terlempar ke matahari atau keluar dari tata surya oleh Jupiter.



(eks/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER