TIPS OTOMOTIF

Penyebab Motor Bau Sangit dan Cara Mengatasinya

CNN Indonesia
Minggu, 17 Oct 2021 11:08 WIB
Jangan anggap enteng bila kita sering mendapati mesin motor bau sangit. Ilustrasi motor bau sangit. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Mengurangi beban angkut motor

Mengurangi barang bawaan akan mengurangi beban yang harus dialami oleh piston. Efeknya selain mencegah mesin cepat panas, motor juga akan memiliki lebih banyak tenaga. Motor akan kuat melewati jalan tanjakan dan tidak terlalu boros. Oli pun tidak akan merembes karena panas mesin tidak berlebih.

Mengganti seal oli

Gantilah seal oli yang rusak supaya oli tidak merembes. Cara pasangnya juga posisinya harus pas dengan dudukan karena itu harus dilakukan oleh ahlinya. Jika sudah tidak ada kebocoran maka tidak perlu menggantinya.

Rutin mengganti oli

Ketika muncul rembesan oli ada baiknya untuk mengganti oli yang baru. Tujuannya agar jumlah pelumas yang berkurang dapat segera digantikan. Kualitas oli yang buruk juga menjadi salah satu pemicu mesin panas meskipun Anda sudah mengganti seal oli.


Penggantian oli yang baru lebih baik dilakukan seterusnya setiap 2.000 km sekali atau sesuai dengan anjuran teknisi bengkel resmi.

Mengganti kampas kopling

Bukan hanya motor cepat panas dan bau sangit, berjalan dengan motor yang kampas koplingnya sudah aus akan membuat kendaraan tak mampu mencapai kecepatan maksimal mengutip keterangan resmi Suzuki.

(mik)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER