EDUKASI & FITUR

Sikap Mengemudi di Dekat Truk Hindari Tertimpa Kontainer

CNN Indonesia
Senin, 18 Oct 2021 18:20 WIB
Hyundai Palisade tertimpa kontainer di Jalan Tol Cipularang menunjukkan betapa bahayanya mengemudi di sekitar truk yang memuat kotak besi berukuran besar. Cara mengemudi di sekitar truk hindari kecelakaan fatal. (Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kecelakaan lalu lintas yang terjadi Sabtu (16/10) dan mengakibatkan salah satu bos pada perusahaan retail Indomaret, Yan Bastian meninggal dunia, mengingatkan kita mengenai pentingnya waspada ketika mengemudi pada jalan bebas hambatan dan bertemu banyak kendaraan besar seperti truk atau bus.

Seperti diketahui Yan tewas setelah mobilnya, Hyundai Palisade tertimpa kontainer di Jalan Tol Cipularang. Ia saat itu sedang dalam perjalanan pulang ke Jakarta bersama keluarganya.

Terlepas dari itu kita harus tahu bila semakin besar kendaraan, maka blind spot atau area yang tidak terpantau pengemudi truk akan makin besar. Jika pengemudi lain tidak memahami atau malah masuk ke area blind spot tentu ujungnya akan sangat membahayakan.


Berikut cara tepat mengemudi di sekitar truk.

Jaga jarak aman

Jangan mengikuti atau membuntuti truk terlalu dekat karena posisi di belakang tidak terlihat oleh sopirnya. Terlalu dekat juga bisa menghalangi pandangan pengemudi untuk melihat situasi di depan truk.

Menjaga jarak di belakang truk juga berguna untuk antisipasi gerakan tiba-tiba, seperti mengerem mendadak atau tidak kuat menanjak. Pastikan posisi mobil terlihat oleh sopir truk melalui spion sebelum melakukan manuver misalnya menyalip.

Berikan tanda atau isyarat

Berikan tanda atau isyarat saat ingin mendahului truk seperti lampu jauh atau klakson agar sopir truk dapat menyadari posisi kemudian bisa sama-sama mengatur formasi yang aman untuk proses menyalip atau antre.

Berikan ruang yang cukup

Saat menyalip, pastikan ada ruang cukup antara truk dengan mobil di depannya. Diimbau tidak memaksakan diri untuk masuk di antara keduanya. Situasi ini akan membuat mobil kita berada di blind spot truk dan sangat berbahaya jika mobil di depan melakukan pengereman.

Perhatikan manuver truk

Jangan segan memberikan ruang bila truk di depan memberi isyarat untuk melakukan manuver, seperti berbelok, putar arah, atau parkir.

Baiknya hentikan kendaraan dan tunggu sampai posisi truk benar-benar aman. Apalagi kalau mobil berada di sisi dalam radius manuver truk tersebut. Perpaduan antara bodi besar dan blind spot akan membuat mobil Anda terancam bahaya jika tidak sabar menunggu.

Keterbatasan truk

Halangan lain yang harus dipahami dari truk yakni daya pengereman yang terbatas. Hal ini juga dipersulit saat truk dijejali beban penuh sehingga butuh jarak lebih jauh untuk berhenti. Oleh karena itu, jangan paksakan mobil berada terlalu dekat dengan truk mengutip keterangan resmi Auto2000.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER