Kebiasaan Unik Bikin Thomas Alva Edison Jenius: Tidur Siang

CNN Indonesia
Senin, 18 Oct 2021 20:48 WIB
Thomas Alva Edison merupakan seorang penemu asal Amerika Serikat yang memiliki kebiasaan yang unik. Ilustrasi penemuan Thomas Alva Edison. (Foto: Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang genius tentu punya kebiasaan tersendiri. Kebiasaan tersebut tentu beragam antara satu orang dengan yang lainnya. Seperti halnya Thomas Alva Edison.

Thomas Alva Edison merupakan seorang penemu asal Amerika Serikat yang banyak mengembangkan peralatan penting yang digunakan sampai hari ini. Penemuan paling terkenal adalah lampu pijar dan fonograf.

Ia juga dikenal sebagai seorang penemu paling produktif di masanya, terlebih setelah ia membangun bengkel ilmiah besar dan pertama di dunia pada 1874 di Menlo Park, New Jersey. Sepanjang hidupnya, Thomas Alva Edison telah memegang rekor 1.093 paten atas namanya.


Thomas Alva Edison juga memiliki sejumlah kebiasaan unik. Berikut rangkumannya:

Memiliki sifat penasaran

Sebagai anak laki-laki, rasa keingintahuan Thomas Alva Edison sudah terlihat sejak sebelum sekolah. Jika ia merasa penasaran terhadap suatu hal maka akan mencari tahunya sendiri seperti dilansir dari thomasedison.org.

Sekolah formal Edison berlangsung singkat dan tidak terlalu berharga baginya. Untuk menggunakan kata-katanya sendiri, dia "biasanya berada di bawah kelas."

Gurunya bahkan kesulitan untuk mengatasi pikiran Thomas Alva Edison yang begitu aktif dan ingin tahu. Karena kondisi itu, ibunya memutuskan mendidiknya secara mandiri di rumah.

Mengalami tidur siang yang aneh

Thomas Alva Edison memiliki kebiasaan tidur siang yang aneh imbas kelainan pada neurologis. Kondisi umum disebut hipnagogik itu membuat dirinya memasuki fase antara terjaga dan tidur.

Thomas Alva Edison sangat menikmati kondisi tersebut karena saat memasuki fase itu otaknya mendapat ide-ide brilian yang selanjutnya bisa ia catat untuk dijadikan inspirasi sebuah penemuan.

Untuk mendapatkan kondisi tersebut, ia berpikir untuk menggenggam bola di setiap tidurnya. Bila otaknya dirasa mulai tertidur pulas, ia pun menjatuhkan bola tepat di atas piring logam yang menghasilkan suara keras ketika berbenturan. Hal itu membuatnya terbangun.

Dalam kondisi terbangun ia pun mengambil buku dan pensil untuk mencatat apa yang ia dapatkan saat setengah tidur tadi.

Menterjemahkan mimpi pada kertas

Ketika terbangun dari tidur siang yang aneh itu, Thomas Alva Edison akan siap untuk segera menuliskan materi mimpi yang ia dapat saat dalam fase antara terjaga dan tidur siang. Materi-materi tersebut digunakan untuk penemuan selanjutnya.

Tidur siang di luar ruangan

Thomas Alva Edison menggunakan tidur siang untuk mengimbangi intensitas pekerjaannya. Ia tidur siang singkat satu atau dua kali di ranjangnya dan kerap tidur siang di luar rumah dengan beralasan seadanya. Selain itu, ia juga bahkan bisa tertidur di kursi atau bangku jika tidak ada pilihan lain.

Anehnya bagi sebagian orang tidur siang tidak lelap akan merasakan pusing, namun bagi Thomas pola tidur siang seperti itu justru membuat dirinya lebih segar untuk menjalani aktivitas sehari-hari dilansir dari Brain Pickings.

(mrh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER