Profil USS Dewey, Kapal Laser AS yang Bikin Geram China

can | CNN Indonesia
Selasa, 19 Oct 2021 18:50 WIB
AS mengerahkan kapal kelas Airleigh Burke dengan laser penghancur rudal USS Dewey memasuki Selat Taiwan pekan lalu, dan mendapat kecaman dari militer China. AS mengerahkan kapal kelas Airleigh Burke dengan laser penghancur rudal USS Dewey memasuki Selat Taiwan pekan lalu, dan mendapat kecaman dari militer China. (Foto: via REUTERS/US NAVY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Militer Amerika Serikat dan Kanada disebut memasuki Selat Taiwan pekan lalu, dan mendapat kecaman dari militer China. AS mengerahkan kapal kelas Airleigh Burke dengan laser penghancur rudal, USS Dewey.

USS Dewey dibangun oleh Northrop Grumman Ship Systems pada 2002 di galangan kapal sebuah perusahaan di Pascagoula, Mississippi. Kapal perang itu perdana melaut pada 26 Januari 2008.

Kapal itu masuk sebagai kapal perang perusak kelas Arleigh Burke. USS Dewey adalah komisioning kapal pertama yang ditugaskan di pantai City of Seal.


USS Dewey memiliki bobot 9.200 ton, dengan panjang 155 meter, tinggi 20 meter, dan draft sekitar 9 meter, seperti dikutip Military Factory.

Kapal juga membawa sepasang kapal Rigid Hull Inflatable Boats (RHIBs), yang dapat digunakan para personel dilepas pantai.

Mesinnya dilengkapi dengan 4 turbin gas General Electric LM2500-30 series, yang menghasilkan 100.000 hp. Baling-baling kapal memiliki desain lima bilah dengan kemampuan pitch reversibel untuk manuver fine-tune.

Kecepatan maksimum mencapai 30 knot dalam kondisi ideal dan jangkauan mencapai 4.400 mil laut saat berada pada kecepatan 20 knot.

Kapal ini dilengkapi dengan sistem radar 3D AN/SPY-1D, radar pencarian permukaan seri AN/SPS, susunan penarik taktis AN/SQR-19, dan susunan sonar AN/SQS-53C.

USS Dewey juga dilengkapi dengan AN/SQQ-28 LAMPS III, kit bantuan Anti-Submarine Warfare (ASW), yang digunakan bersama dengan helikopter Sikorsky SH-60 Seahawk. Sebanyak dua helikopter disimpan di geladak kapal.

Tak hanya dilengkapi senjata laser, USS Dewey dilengkapi dengan dua peluncur rudal yang dipasang di deknya. Sistem Peluncuran Vertikal (VLS) 1 x 64-sel dan 1 x 32 sel Mk 42 dan dapat menembakkan rudal dari permukaan ke udara.

Kapal ini juga dilengkapi 2 x 25mm chain gun, dan 1 x 20mm Phalanx Close-In Weapon System (CIWS) untuk target yang lebih rendah yang mencoba mendekat.

Di atas kapal tersedia kumpulan senapan mesin 4 x 12,7 mm. Persenjataan Dewey juga ditopang oleh 2 peluncur torpedo, yang mengelola stok torpedo Mk 46.

Simak spesifikasi senjata laser kapal USS Dewey di halaman berikutnya..

Spesifikasi Laser Kapal USS Dewey

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER