6 Tips dan Cara Memotret Hujan Meteor pakai HP

mrh | CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 18:10 WIB
Kadang tak perlu kamera profesional dan mahal, awam mampu memahami tips dan cara memotret hujan meteor pakai smartphone atau HP. Kadang tak perlu kamera profesional dan mahal, awam mampu memahami tips dan cara memotret hujan meteor pakai smartphone atau HP. (Foto: Sergei GAPON / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hujan meteor merupakan sebuah fenomena langit yang cukup indah untuk disaksikan. Oktober sendiri terjadi sejumlah hujan meteor di antara hujan meteor Arid, Draconid dan Orionids yang akan mulai malam ini, Kamis 21 Oktober hingga 22 Oktober.

Cara memotret hujan meteor tidak harus menggunakan kamera profesional, Anda bisa mendapatkan beberapa hasil yang bagus dengan smartphone Anda jika mengikuti tips sederhana ini.

Hujan meteor Orionid merupakan hujan meteor kedua yang mengalami puncaknya pada Oktober setelah hujan meteor Draconid yang mencapai puncaknya pada 8 Oktober lalu.


Kamera smartphone atau HP tidak sehebat kamera DSLR, namun dengan beberapa trik dan perangkat lunak tambahan, ponsel Anda dapat mengambil gambar yang indah dan berkualitas tinggi.

Mengambil foto langit malam yang bagus membutuhkan stabilitas dan cahaya maksimal, jadi penting bagi Anda untuk memiliki alat yang tepat untuk memaksimalkan ponsel dalam menangkap gambar hujan meteor.

Berikut beberapa tips dan cara memotret hujan meteor pakai HP yang bisa dilakukan:

1. Gunakan Tripod

Tripod memastikan ponsel Anda stabil dan tidak ada gerakan yang dapat merusak hasil foto. Gerakan sekecil apa pun dapat mengubah gambar.

2. Gunakan lensa aperture secepat mungkin

Untuk mendapatkan bidikan terbaik dari langit malam, ponsel Anda harus dapat mengumpulkan cahaya sebanyak mungkin.

Dilansir dari Peta Pixel, banyak smartphone terbaru memiliki lebih dari satu lensa kamera. Memilih yang memiliki aperture terluas akan membuat bintang dan meteor lebih terang di foto Anda.

Jika ponsel cerdas Anda menawarkan mode malam, Anda juga harus mengaktifkannya.

3. Download aplikasi long exposure

Long exposure memungkinkan kamera Anda mengambil beberapa bidikan selama periode waktu tertentu, yang penting untuk menangkap sifat cepat meteor.

Beberapa contoh aplikasi long exposure gratis termasuk Easy Long Exposure Camera (iPhone) dan Long Exposure Camera 2 (Android).

Sementara itu, aplikasi berbayar berkualitas premium termasuk Slow Shutter Cam (iPhone) dan Night Camera (Android).

Simak tips dan cara memotret hujan meteor lainnya di halaman berikutnya..

6 Tips dan Cara Memotret Hujan Meteor pakai HP (Bagian 2)

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER