Fitur Kloning Aplikasi di Android Disebut Rilis Akhir 2021

ttf | CNN Indonesia
Jumat, 22 Oct 2021 13:50 WIB
Fitur kloning aplikasi pada smartphone dengan OS Android disebut mulai aktif tahun 2021. Ilustrasi. Fitur kloning aplikasi pada smartphone dengan OS Android disebut mulai aktif tahun 2021. (Foto: (dok. CNNIndonesia.com/ Eka Santhika))
Jakarta, CNN Indonesia --

Android disebut bakal membuka peluang untuk mempersilakan kloning aplikasi. Kabarnya, fitur kloning aplikasi ini akan diluncurkan di Android 12.1 pada akhir tahun ini.

Seperti diketahui, Google telah menambahkan banyak fitur ke Android selama beberapa tahun terakhir.

Banyak di antaranya merupakan fitur aplikasi yang sudah ada di berbagai OEM (Original Equipment Manufacturer) atau Produsen Peralatan Asli, seperti fitur kloning aplikasi.


Kloning aplikasi adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menginstal duplikat aplikasi yang sedang dijalankan secara bersamaan atau berdampingan.

Fitur tersebut dikabarkan sudah bisa digunakan pada pembaruan Android 12 di masa mendatang.

Seperti yang diungkapkan oleh Mishaal Rahman, dalam penyesuaian Android 12 disebutkan bahwa profil baru yang disebut 'Klon' seharusnya bisa membuat salinan aplikasi yang diinginkan.

Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk menjalankannya satu aplikasi yang sama secara berdampingan dan masuk dengan akun yang berbeda.

Secara teknis, pengguna bisa melakukan kloning aplikasi dengan mengatur profile kerja. Tapi itu bukan bagian dari proses yang rata-rata digunakan para pengguna.

Sebelum mencari aplikasi ini di pembaruan terbaru Pixel, ada beberapa hal yang harus pengguna ketahui lebih dulu.

Meskipun fitur kloning ini sudah ada di AOSP atau Android Source Project, tapi masih belum bisa berfungsi untuk Android 12. Pasalnya, tidak ada menu atau pengaturan untuk fitur tersebut.

Kloning aplikasi ini dinilai sangat berguna bagi banyak pengguna. Fitur memungkinkan pengguna untuk menggunakan dua akun Snapchat sekaligus, melihat dua dokumen secara berdampingan, atau kasus penggunaan lain yang dapat Anda lakukan.

Meskipun ada aplikasi di luar sana yang dapat membantu Anda melakukan ini, memilikinya built-in dalam satu genggaman dirasa akan lebih baik. Kabarnya, fitur kloning aplikasi ini akan diluncurkan di Android 12.1 pada akhir tahun ini.

(ttf/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER