Hyundai Produksi Creta di Indonesia Tahun Ini

CNN Indonesia
Jumat, 22 Oct 2021 11:39 WIB
Hyundai memastikan SUV bernama Creta menjadi mobil pertama yang diproduksi di pabrik Indonesia, pertama di ASEAN. Sketsa Hyundai Creta yang akan diproduksi di Indonesia. (hyundai.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hyundai mengonfirmasi Creta akan menjadi mobil pertama yang dirakit di Indonesia. Kabar ini disampaikan Hyundai melalui situs resminya pada Jumat (22/10) sambil merilis foto-foto sketsa SUV yang telah mendebut di China dengan nama ix25 itu.

Creta diklaim sebagai salah satu mobil Hyundai yang paling laris di dunia. Hyundai menyebut SUV ini akan dikembangkan untuk pasar Indonesia dengan berbagai inovasi mulai dari pendekatan desain baru hingga berbagai fitur terkini.

Sketsa Hyundai Creta yang akan diproduksi di Indonesia.Sketsa Hyundai Creta yang akan diproduksi di Indonesia. (hyundai.com)

"SUV ini juga akan diproduksi secara lokal di Indonesia, di pabrik pertama Hyundai di Asia Tenggara," tulis Hyundai dalam situs resminya.


Hyundai juga turut membagikan sketsa Creta dalam tampilan eksterior dan interior, hingga membocorkan sejumlah soal fitur.

Sketsa memperlihatkan mobil ini sebagai SUV yang punya desain modern serta bernuansa model produksi 5-penumpang seperti yang sudah terlihat di China dan India. Berdasarkan gambar mobil ini sepertinya hanya memiliki dua baris yang artinya cuma muat 5 penumpang.

Ciri itu bisa ditakar dari bentuk pilar C yang melandai atau overhang belakang yang pendek. Berdasarkan sketsa juga disadari jok baris kedua sepertinya bakalan tepat di atas ban belakang, desain seperti ini mungkin tak sampai ke model produksi dan perlu dipahami juga proporsi gambar sketsa bisa beda dari desain asli.

Ada dugaan Creta yang diproduksi di Indonesia merupakan versi tujuh penumpang. Hal ini merujuk pemberitaan yang sudah beredar sejak tahun lalu dan juga memandang bahwa pasar SUV tujuh penumpang seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan lain-lain besar di Indonesia.

Sketsa Hyundai Creta yang akan diproduksi di Indonesia.Sketsa Hyundai Creta yang akan diproduksi di Indonesia. (hyundai.com)
Hyundai Creta.Hyundai Creta yang dijual di India. (hyundai.com)

"Komitmen Hyundai sebagai game-changer di industri otomotif menjadi motivasi kami dalam memberikan produk dan layanan unggulan kepada pelanggan Indonesia," kata SungJong Ha, President Director Hyundai Motors Indonesia (HMID).

Ha menambahkan produk ini memiliki ciri kuat khas Hyundai dan akan didesain sesuai konsumen Tanah Air.

"Hyundai Creta merupakan produk dengan ciri khas Hyundai yang penuh inovasi serta didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan serta gaya hidup modern masyarakat Indonesia," kata dia.

Pada Juli lalu, Lee Kang Hyun, COO Hyundai Motor Asia Pasific, telah memastikan pabrik Hyundai di Bekasi bakal memproduksi satu model Internal Combustion Engine (ICE) pada tahun ini. Kemudian tahun depan Hyundai akan meluncurkan dua model ICE dan satu mobil listrik produksi Indonesia.

"Jadi memang tahun ini, kira-kira bulan Mei, sudah mulai pilot production. Akhir tahun ini akan meluncurkan ICE [Internal Combustion Engine] satu model," kata Hyun saat dalam presentasinya saat Investor Daily Summit 2021, Rabu (14/7).

"Terus tahun depan ada rencana mengeluarkan dua model ICE dan satu mobil listrik, sekitar mungkin bulan Maret, ini buatan CKD [completely knock down] di Indonesia tahun depan," katanya lagi.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER