Youtuber Bondowoso, Beli Mobil-Pergi Haji Berkat Monetisasi

CNN Indonesia
Sabtu, 23 Oct 2021 16:52 WIB
Mayoritas Dusun Posong, Kecamatan Tapen, Bondowoso berubah nasibnya berkat keuntungan menjadi Youtuber. Beli mobil dan pergi haji jadi lumrah dilakukan. Ilustrasi Youtube (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekitar 150 orang yang menjadi Youtuber berhasil mengubah wajah Dusun Posong, Kecamatan Tapen, Bondowoso, Jawa Timur. Dusun itu secara perlahan dikenal masyarakat luas karena aktivitas warganya yang memilih menjadi Youtuber dan memperoleh pendapatan berlimpah.

Deret mobil mewah dari hasil monetisasi konten Youtube terlihat di dusun tersebut.

"Dengan adanya Youtube di kampung saya ini dan mereka [warga] menekuninya, Alhamdulillah mereka semuanya sangat bermanfaat sehingga uang tidak harus dicari keluar rumah, tapi uang mencari kita ke dalam rumah," ujar Imam Januar selaku penggagas Kampung Youtuber dikutip dari CNN Indonesia TV, Sabtu (23/10).


Imam mengajarkan warga Dusun Posong untuk membuat konten Youtube. Ilmu yang diberikan tidak sia-sia. Saat ini, ekonomi warga daerah tersebut juga berasal dari konten Youtube.

[Gambas:Video CNN]


Salah seorang warga yang menjadi Youtuber, Sihon, mengatakan dirinya bisa membeli mobil impian dan memberangkatkan orang tuanya ke tanah suci dari kegiatan sehari-hari membuat konten Youtube.

"Mungkin Tuhan sudah mengatur semuanya untuk saya ketemu Mas Imam dan diajari oleh beliau mengenal Youtube. Dapat meraih satu impian saya seperti di belakang saya [mobil] saya beli cash dan bisa membangun rumah untuk orang tua saya," kata Sihon.

"Dan juga Alhamdulillah yang saya bersyukur sekali bisa memberangkatkan umrah orang tua," lanjut dia.

Sebelum menetap dan menjadi Youtuber di kampung halaman, para pemuda di Dusun Posong sempat merantau ke Pulau Bali untuk mencari pekerjaan.

Namun, keadaan mulai berubah. Mereka kini aktif membuat video untuk kemudian diunggah ke Youtube. Mayoritas konten video yang dibuat bertema edukasi hingga pesan sosial. Selain bisa memperbaiki ekonomi, menjadi Youtuber juga dapat mengasah kreativitas mereka.

(ryn/bmw/bmw)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER