Daftar Mobil Baru Diduga Meluncur di GIIAS 11 November

CNN Indonesia
Senin, 25 Oct 2021 12:25 WIB
GIIAS akan digelar pada tahun ini setelah absen pada tahun lalu, pameran ini bakal menjadi lokasi banyak pengenalan atau peluncuran mobil baru. Ilustrasi GIIAS 2019. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berbagai mobil baru bakal diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang rencananya digelar pada 11-21 November 2021. Banyak informasi berseliweran mengenai mobil-mobil baru itu, entah hanya perkenalan atau sudah peluncuran resmi.

Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo, membenarkan bahwa akan ada sejumlah pengenalan dan peluncuran produk. Meski demikian ia enggan membocorkan informasi soal produk apa saja yang akan dihadirkan para peserta di pameran nanti.

"Indonesia memiliki peran penting bagi industri otomotif secara global, oleh karena itu puluhan kendaraan, teknologi dan konsep akan diperkenalkan di GIIAS 2021, termasuk juga di antaranya adalah perkenalan mobil listrik dan peluncuran world premiere," kata Rizwan, Kamis (21/10).


Selama ini memang sudah banyak informasi berseliweran tentang dugaan kehadiran produk-produk baru di GIIAS, berikut di antaranya:

Toyota Avanza

Toyota Avanza generasi baru memang bukan lagi bahasan baru. Meski pejabat Toyota menolak berkomentar, namun berdasarkan keterangan tenaga penjual dealer, mobil ini akan rilis pada November, kemungkinan besar di GIIAS.

Avanza akan hadir dengan pembaruan total mulai platform sampai ke desain keseluruhan. Bahkan penggerak roda mobil ini juga diyakini berubah dari belakang ke depan, hingga terdapat berbagai fitur modern lainnya.

Daihatsu Xenia

Generasi baru kembaran Avanza, Daihatsu Xenia, juga diduga akan rilis pada bulan yang sama yaitu November. Jadi bisa diasumsikan bila Xenia juga diluncurkan pada GIIAS 2021 atau setidaknya bisa dilihat publik secara langsung di lokasi ini.

Sama halnya dengan Avanza, Xenia pun mengalami ubahan total mulai desain, roda penggerak, platform, hingga penambahan fitur.

Wuling

Entah akan langsung dijual atau sekadar dipamerkan, namun Wuling diprediksi bakal membawa mobil listrik mungil bernama MINI EV. Mobil itu sudah mendarat di Indonesia sejak Juli 2021.

Sejauh ini belum ada keterangan perusahaan soal mobil tersebut sehingga diduga akan menjadi amunisi dalam ajang GIIAS 2021.

Isuzu Traga dan MU-X

Isuzu juga diduga bersiap meluncurkan versi terbaru SUV MU-X di GIIAS nanti. Informasi ini diperkuat rencana perusahaan yang sebelumnya memastikan MU-X hadir pada tahun ini.

Selain MU-X, Isuzu juga akan memanfaatkan ajang GIIAS untuk mengumumkan harga Traga Blind Van.

Mitsubishi Xpander dan Outlander PHEV

Belum lama muncul bocoran foto yang memperlihatkan Mitsubishi Xpander dalam wujud facelift di media sosial. Namun Mitsubishi Indonesia menolak berkomentar lebih jauh seputar hal tersebut.

Mitsubishi dipahami memang punya rencana merilis Xpander anyar pada semester kedua fiskal year 2021 (1 April 2021 - 31 Maret 2022) berdasarkan keterangan resmi prinsipal.

Xpander dikatakan bakal mengalami perubahan 'signifikan' menurut dokumen 'FY2021 First-Quarter Financial Results' yang dirilis Mitsubishi Motors pada 27 Juli. Maka bukan tidak mungkin Xpander ini akan rilis pada November dalam penyelenggaraan GIIAS nanti.

Selain Xpander, dokumen ini juga bilang Mitsubishi akan meluncurkan Outlander PHEV terbaru dalam periode yang sama.

Hyundai Creta

Hyundai memang belum berbicara apapun mengenai kehadiran Creta pada ajang itu. Tapi kuat dugaan mobil ini akan diperkenalkan untuk pertama kali di Indonesia melalui GIIAS.

Sejauh ini Hyundai baru mengumumkan Creta akan menjadi mobil pertama yang diproduksi di pabrik barunya di Bekasi. Mobil ini kemungkinan bakal memiliki spesifikasi tiga baris yang memuat tujuh penumpang, atau berbeda dari Creta di India dan China yang diberi nama Hyundai iX25 dengan konfigurasi dua baris lima penumpang.

Memungkinkan juga produksi Creta akan dimulai akhir tahun atau sesuai target yang ditetapkan Hyundai yakni memulai produksi perdana di Indonesia pada akhir 2021.

Honda debut dunia

Honda mungkin akan menggunakan ajang GIIAS untuk mengumumkan harga dari BR-V generasi terbaru. Tapi di samping itu Honda punya 'utang' peluncuran mobil anyar yang sempat dipamerkan saat peluncuran virtual BR-V, debut dunia mobil ini kemungkinan dilakukan di GIIAS.

Saat itu belum terungkap identitas mobil tersebut sebab ketika diperlihatkan masih tertutup selubung. Namun diduga mobil ini berjenis SUV atau crossover mengingat bagian atap memiliki tonjolan seperti roof rail.

Chery

Merek China ini memang tidak terdaftar sebagai peserta maupun anggota Gaikindo. Namun tidak menutup kemungkinan Chery akan mengungkap bisnisnya kembali di Indonesia melalui ajang GIIAS 2021.

Seperti kita ketahui panitia pameran belum menutup kesempatan kepada merek otomotif jika ingin berpartisipasi di GIIAS 2021. Sehingga Chery masih berpotensi meramaikan ajang tersebut.

Sebelumnya Chery juga sudah mengumumkan niatnya kembali ke Indonesia dan memulai bisnis otomotif pada akhir 2021. Mobil yang dipersiapkan Chery bakal pasar Tanah Air diantaranya, SUV Tiggo 8 Pro, Tiggo 7 Pro, dan Tiggo 4 Pro.

GIIAS pada tahun ini akan diikuti ada 22 merek sebagai partisipan, yakni adalah Audi, BMW, DFSK, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling dari brand mobil penumpang. Sementara kendaraan komersial Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania.

(mrh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER