Hyundai Rilis Gambar Creta, Kode Rilis di GIIAS dan Produksi Lokal

CNN Indonesia
Kamis, 28 Oct 2021 13:21 WIB
Hyundai memperlihatkan dua gambar penggoda baru Creta yang akan diproduksi di Indonesia. Gambar penggoda (teaser) Hyundai Creta. (Hyundai Motors Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hyundai Motors Indonesia (HMID) merilis gambar penggoda (teaser) Creta terbaru pada Rabu (27/10). Beda dari teaser sebelumnya yang berupa sketsa, kali ini HMID memperlihatkan visual digital dengan proporsi mobil yang sebenarnya.

Ada dua gambar yang dirilis, tampak depan dan belakang. Walau sebagian gambar bercampur siluet hitam, keduanya mengungkap lebih jelas guratan desain Creta yang sepertinya berbeda dari model China, India, ataupun Brasil.

Berdasarkan gambar terlihat wajah Creta yang akan diproduksi di pabrik Hyundai Bekasi ini memiliki struktur wajah menyatukan lampu besar dengan gril. Tampak partisi mengotak di gril mirip detail pada lampu besar yang membuatnya terlihat sebagai satu kesatuan.


Gambar penggoda (teaser) Hyundai Creta yang akan diproduksi di Indonesia.Gambar penggoda (teaser) Hyundai Creta. (Hyundai Motors Indonesia)

Hyundai menjelaskan Creta ini memiliki desain DRL bernama Parametric Jewel-Hidden DRL, uniknya lampu siang hari ini seolah tersembunyi dan menyatu juga dengan gril saat tidak digunakan. Cahayanya disebut menyerupai bumerang jika dinyalakan.

Desain wajah Creta seperti ini mirip generasi baru Tucson yang sudah dirilis sejak akhir 2020 di Eropa.

Bagian belakang Creta ini cukup identik model yang dijual di India dan Brasil. Terlihat lampu rem LED berbentuk huruf C mempertegas kesan modern bagi mobil berkapasitas lima orang penumpang ini.

HMID juga membocorkan beragam fitur unggulan Creta, di antaranya Panoramic Sunroof yang akan menambah kesan lapang pada kabin, layar 10,25 inci TFT LCD Cluster, perangkat audio BOSE Prexmium Audio System, serta teknologi Hyundai Bluelink sebagai konektivitas ponsel pintar.

Khusus Hyundai Bluelink dijelaskan membuat pengguna bisa mengakses berbagai fitur canggih lain, misalnya Stolen Vehicle Immobilization dan Stolen Vehicle Tracking. Kedua fitur ini akan beroperasi saat terjadi percobaan pencurian dengan mengirimkan notifikasi ke ponsel pemilik, lalu mobil akan dihentikan total jika pemilik memintanya kepada Call Center.

Selain itu ada juga akses fitur Valet Parking Mode yang akan mengunci penggunaan seluruh fitur hiburan saat mobil sedang digunakan oleh pengemudi valet.

"SUV ini dibangun dan didesain khusus sesuai dengan minat pelanggan Indonesia. Oleh karena itu kami ingin menampilkan bentuk dari mobil ini agar lebih jelas lagi, sehingga rasa penasaran mereka dapat terjawab sebelum akhirnya dapat dilihat secara langsung," kata SungJong Ha Presiden Direktur HMID dalam siaran persnya.

Ha menambahkan Creta akan menjadi mobil pertama yang akan dibuat di pabrik perdana Hyundai di kawasan ASEAN yang berada di Bekasi, Jawa Barat.

"Creta sendiri adalah mobil yang akan diproduksi di pabrik Hyundai di Indonesia dan untuk masyarakat Indonesia," ucap dia.

Hyund

Mobil diduga Hyundai Creta terekam kamera pada 10 Agustus 2021 sedang seliweran di Jalan Veteran, Purwakarta.Mobil diduga Hyundai Creta terekam kamera pada 10 Agustus 2021 sedang seliweran di Jalan Veteran, Purwakarta. (CNN Indonesia/Alby Pratama)

Pada hari yang sama teaser terbaru dirilis, foto Creta dalam wujud asli telah terekam kamera oleh seseorang. Creta yang direkam terlihat sedang dikendarai di jalan Indonesia namun bodinya ditutup kamuflase seolah menandakan sedang diuji jalan.

Gosip Creta diproduksi di Indonesia sebenarnya sudah beredar sejak tahun lalu, salah satunya disiarkan media otomotif Filipina usai mendapat bocoran dari sumber prinsipal Hyundai.

Sebelum Hyundai buka-bukaan seperti belakangan ini, mobil diduga Creta sempat terlihat sedang diuji jalan di sejumlah lokasi. CNNIndonesiaTV sempat mendapatkan foto penampakannya saat muncul di Jalan Veteran, Purwakarta pada Agustus lalu.

Namun mobil itu terlihat memiliki detail berbeda jika dicocokkan dengan gambar teaser terbaru Creta, misalnya desain pelek lain dan juga menggunakan antena konvensional di atap sedangkan Creta menggunakan model shark fin

Creta di India dirancang menggunakan platform dan mesin yang sama seperti kembarannya, Kia Seltos. Sejauh ini HMID belum merilis spesifikasi lengkap Creta yang akan diproduksi dan dijual di Indonesia.

Peta persaingan Creta di dalam negeri meliputi Seltos, Honda HR-V, Toyota C-HR, Suzuki SX-4 Scross, dan Mazda CX-30.

Hyundai juga mengumumkan Creta akan meluncur dan dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang akan digelar pada 11-21 November 2021 di Indonesia Convention Exibition (ICE), Tangerang, Banten.

(aby/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER