Fakta Penampakan Gulungan Awan Tsunami di Madura

eks | CNN Indonesia
Jumat, 19 Nov 2021 12:00 WIB
Fakta penampakan gulungan awan Arcus bak tsunami yang terjadi di Pamekasan, Madura. Fakta penampakan gulungan awan Arcus bak tsunami yang terjadi di Pamekasan, Madura. (Dok. Istimewa)

Ada dua bentuk

Awan Arcus bisa berupa gulungan panjang secara horizontal biasanya terpisah dari awan induk (Cumulonimbus), sedangkan awan Arcus datar atau papan panjang secara horizontal bersatu dengan dasar awan Cumulonimbus.

Gulungan awan terbentuk karena shear angin. Bagian luar awan nampak halus sementara bagian dalam awan terlihat kasar karena angin yang kuat.

Baik Arcus berbentuk gulungan maupun Arcus datar merupakan peringatan akan adanya hujan badai.


Awan arcus bentuk gulungan, imbuh Ina sangat jarang, bentuk datar lebih sering ditemukan. Awan ini biasanya ditemukan sepanjang pantai, namun bisa juga terbentuk di wilayah bukan pantai.

Pesawat bisa tersambar petir

Dosen STMKG, Deni Septiadi mengatakan fenomena awan Arcus berbahaya bagi dunia penerbangan.

Kemunculan Arcus yang disertai angin dapat membahayakan aktivitas take off atau landing pesawat, karena awan Arcus muncul akibat adanya golakan (ketidakstabilan) udara di atmosfer rendah.

Sehingga, bila terjadi sekitar bandara maka perlu mendapat perhatian khusus bagi aktivitas penerbangan.

Pesawat yang menerjang awan Arcus saat hendak mendarat atau lepas landas bisa mengalami turbulensi yang kuat. Bahkan, pesawat itu berpotensi tersambar petir.

Meski berbahaya, pesawat Boeing maupun Airbus sudah tidak menggunakan bahan metal, namun menggunakan komposit dan memiliki static discharge yang terpasang di moncong, sayap, serta ekor.

Awan Cumulonimbus (CB) bisa memproduksi downburst (hempasan angin ke bawah dari dasar awan ke permukaan tanah), atau juga angin yang tidak stabil arahnya yang bisa menjadi crosswind, tailwind, dan headwind yg umumnya pilot sudah memahami situasinya sesuai runway bandara.

Crosswind, Tailwind dan Headwind adalah proses angin berhembus dari pesawat untuk bantuan landing dan take off.

[Gambas:Video CNN]



(eks/eks)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER