Ikan Lanset Kanibal yang Langka Ditemukan di Pantai San Diego

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 04 Dec 2021 13:34 WIB
Para pengunjung di pantai di San Diego, Amerika Serikat menemukan ikan lanset kanibal atau lancetfish. Para pengunjung di pantai di San Diego, Amerika Serikat menemukan ikan lanset kanibal atau lancetfish.(Foto: Courtesy of Ben Frable)
Jakarta, CNN Indonesia --

Para pengunjung di pantai yang terletak di dekat Scripps Institution of Oceanography di University of California, San Diego, Amerika Serikat menemukan ikan lanset kanibal atau lancetfish dengan panjang 4 kaki atau sekitar 12 cm. Ini merupakan kali pertama ikan lanset ditemukan di kawasan itu sejak 1996.

Ikan dengan nama katalog SIO 21-37 ini merupakan anggota terbaru dari Koleksi Vertebrata SIO.

Manajer Ben Frable mengatakan ikan tersebut ditemukan di La Jolla Shores dalam keadaan hidup. Frable menduga ikan itu bisa mendarat di pantai karena sejumlah alasan salah satunya lari dari pemangsa atau terjebak arus dan tidak cukup kuat untuk berenang keluar.


Lancetfish, yang merupakan hermafrodit, adalah hewan kanibal terkenal yang juga memakan ikan dan invertebrata lain. Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration, Lancetfish dikenal karena matanya yang besar, rahang bertaring, dan tubuh licin.

Ikan ini dapat tumbuh hingga lebih dari 200 cm dan hampir tidak mencerna makanannya. Tap, Frable menegaskan kanibalisme tidak tabu di dunia ikan.

"Jadi mereka memiliki makanan yang cukup bervariasi," kata Frable, dikutip dari CNN.

Frable mengatakan sedikit yang diketahui tentang lancetfish dan perilaku khusus ini karena mereka tidak mudah diamati di kedalaman.

Laboratorium juga dikatakan telah mengambil sampel jaringan yang dapat digunakan untuk menentukan genetika dan data lainnya.

"Dari perspektif penelitian, lancetfish membantu memberikan jendela ke jaring makanan laut terbuka. Jadi, dapat mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana nitrogen dan karbon bergerak di lautan terbuka dan apa artinya itu bagi interaksi dalam skala global adalah sangat penting," ucap dia.

(ryh/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER