Profil Alexa.com, Website Pengukur Ranking Situs Global yang Ditutup

M. Ikhsan | CNN Indonesia
Kamis, 09 Dec 2021 16:56 WIB
Alexa.com dibentuk Amazon pada 1996 untuk membantu pengguna internet mencari, mencapai, dan mengkonversi audiens digital melalui serangkaian perangkat analisis. Ilustrasi Alexa berhenti beroperasi mulai Mei 2022. (Foto: (screenshoot internet))
Jakarta, CNN Indonesia --

Anak perusahaan Amazon, Alexa.com akan menghentikan layanannya pada 1 Mei 2021. Alexa.com merupakan salah satu website pengukur ranking situs yang sudah eksis selama 25 tahun.

Selain menjadi pengukuran ranking situs secara global, Alexa.com juga menyediakan tools untuk analisis kompetitor dan Search Engine Optimization (SEO) yang berbayar.

Alexa.com dibentuk Amazon pada 1996 untuk membantu pengguna internet mencari, mencapai, dan mengkonversi audiens digital melalui serangkaian perangkat analisis yang dimilikinya.


Perusahaan ini didirikan oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat pada 1996 dan diakuisisi Amazon tiga tahun kemudian. Pendirinya menamai situs tersebut untuk menghormati Library of Alexandria, salah satu perpustakaan terbesar di zaman kuno.

Alexa bekerja dengan melakukan perkiraan traffic yang didasarkan pada data dari panel traffic global milik mereka. Data tersebut merupakan sampel dari jutaan pengguna Internet yang menggunakan salah satu dari sekian banyak ekstensi yang terhubung ke peramban.

Selain itu, Alexa mengumpulkan data traffic dari sumber langsung dalam bentuk situs yang telah memilih untuk memasang skrip Alexa di situs mereka. Namun, pemilik situs selalu dapat memilih untuk merahasiakan metrik tersertifikasi milik mereka.

Kemudian sistem peringkat global yang dibuat Alexa menggunakan metodologi yang menggabungkan perkiraan rata-rata pengunjung harian situs dan perkiraan jumlah tampilan halaman selama 3 bulan terakhir.

Dilansir dari Tech Target, secara garis besar Alexa memiliki beberapa fungsi, yakni melihat data situs-situs teratas, melihat data traffic seperti ranking dan bounce rate (untuk situs yang tidak berada di daftar teratas), mengunduh Alexa toolbar untuk melakukan analisis, dan membuat toolbar terkustomisasi.

Sedangkan Alexa Pro, layanan berbayar yang disediakan Alexa menyediakan tiga tingkatan. Pada tingkatan yang lebih tinggi, pengguna mendapatkan tools yang lebih canggih untuk melakukan analisis, seperti kehadiran fitur audit situs secara periodik.

Dengan tutupnya Alexa pada Mei mendatang, membuat sejumlah pengguna yang menggunakan layanan mereka perlu mencari platform alternatif. Berikut daftar platform serupa Alexa.com:

- similarweb.com
- semrush.com
- ahrefs.com
- moz.com
- compete.com
- trafficestimate.com
- statbrain.com
- statsaholic.com
- internettrafficreport.com
- comscore.com

(lnn/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER