Kominfo Klaim Infrastruktur Internet RI Berkembang Pesat Kala Pandemi

M. Ikhsan | CNN Indonesia
Rabu, 15 Dec 2021 00:56 WIB
Perkembangan internet di Indonesia diprediksi akan terus meningkat. Ilustrasi infrastruktur internet di Indonesia. (Foto: AFP/WANG ZHAO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Plt Direktur Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Kominfo) Ismail mengatakan pandemi Covid-19 tidak menghambat percepatan infrastruktur internet di Indonesia.

"Infrastruktur internet di Indonesia berkembang pesat terutama setelah ada pandemi covid ini. Kita semua menyadari aktivitas di ruang digital menjadi sebuah keniscayaan," ujar Plt Direktur Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika Ismail dalam acara "Melihat Kesiapan Jaringan Internet Akhir Tahun" yang disiarkan virtual, Selasa (14/12).

Menurut Ismail, pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah di antaranya menuntaskan pembangunan jaringan backbone dengan palapa ring berbasis serat optik.


"Ini adalah jaringan yang menghubungkan seluruh ibu kota, kabupaten di Indonesia, melengkapi jaringan yang sudah dibangun terlebih dahulu oleh para operator," jelas Ismail.

Ismail juga mengatakan pemerintah tengah menyiapkan rencana pembangunan satelit multifungsi yang nantinya akan menghubungkan 150 ribu titik layanan publik di Indonesia dengan kapasitas 150 gigabite per detik.

"Satelit ini inshallah akan meluncur pada 2023. Kita tahun ini dan tahun depan 2022 menuntaskan 12.500 desa yang belum memiliki jaringan 4G," ujarnya.

Upaya pemerintah dalam mewujudkan pemerataan jaringan 4G memfokuskan pada daerah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T). Pasalnya pada daerah-daerah tersebut yang paling sulit secara ekonomis dan kurang menjanjikan (secara investasi) bagi operator.

Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan 4G di belasan ribu desa tersebut, pemenuhan kebutuhan infrastruktur menjadi salah satu "pekerjaan rumah" yang harus diselesaikan Kominfo.

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) menjadi salah satu lembaga yang ditugaskan untuk mewujudkan target pemenuhan infrastruktur sebagai upaya pemerataan jaringan di Indonesia.

"Kami mendapatkan tugas menyelesaikan sebanyak 9113 pembangunan menara tower BTS untuk layanan 4G selama 2 tahun," ujar Direktur Utama BAKTI Kominfo Anang Latif pada acara Indonesia Smart City Conference, Forum SPBE dan Pameran Smart City, di ICE BSD Tangerang, Selasa (14/12).

BAKTI sendiri merupakan lembaga yang bekerja di bawah Kominfo dan bergerak di bidang penyediaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi dan informatika.

(mik/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER