Kominfo Tambah Kapasitas Internet Hingga 20 Persen Jelang Nataru

CNN Indonesia
Rabu, 15 Des 2021 10:57 WIB
Menurut Kominfo pada hari normal layanan internet di Indonesia butuh sekitar 260 petabyte, ini meningkat sampai 20 persen saat momen Natal dan Tahun Baru. Ilustrasi internet. (Istockphoto/mikkelwilliam)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut akan menambah kapasitas layanan internet di Indonesia 13 hingga 20 persen jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Plt Direktur Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo, Ismail, menjelaskan, hal itu merespons imbauan pemerintah agar masyarakat merayakan Nataru di rumah.

"Hitungannya penambahanya itu persentase. Biasanya ketika terjadi kondisi traffic ini pada nanti kisaran 13-20 persen," ujar Ismail secara virtual, Selasa (14/12) siang.


Kominfo berharap masyarakat seperti pada hari besar sebelumnya tidak ada pergerakan manusia agar memutus sebaran Covid-19.

Ismail mengatakan hari raya Natal dan Tahun Baru akan lebih optimal atau lebih baik dirayakan di rumah masing-masing.

Dengan demikian bandwidth digital dinilai Ismail menjadi kebutuhan primer dalam hari besar, agar masyarakat tetap bisa berkomunikasi.

Saat ini Ismail menyebut telah berkoordinasi dengan para penyedia layanan internet untuk menambah kapasitas terutama di area yang potensial tinggi penggunaanya, seperti di wilayah pemukiman penduduk.

Dia mengatakan traffic penggunaan internet akan meningkat volumenya yaitu melebihi penggunaan internet normal harian.

"Tentu saja jaringan telekomunikasi harus mampu mengatasi lonjakan traffic tersebut," ujar Ismail.

Ia mengatakan jika pada hari normal, masyarakat Indonesia menggunakan layanan internet kisaran 260 petabyte. Sedangkan ketika Nataru akan bertambah 13 sampai 20 persen.

Data peningkatan internet itu merupakan akumulasi dari seluruh operator penyedia layanan yang ada.

(can/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER