Anies Ingin Selesaikan Masalah Harga Mobil Listrik di RI dengan TJ

Rayhand Purnama | CNN Indonesia
Senin, 20 Des 2021 12:34 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meyakini sebanyak 10 ribu armada Transjakarta bertenaga listrik akan beroperasi dalam waktu dekat di Ibu Kota Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: CNN Indonesia/Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan ingin meningkatkan permintaan kendaraan listrik di Indonesia melalui strategi penggunaan armada TransJakarta bertenaga listrik.

Anies meyakini sebanyak 10 ribu armada TransJakarta bertenaga listrik akan beroperasi dalam waktu dekat di Ibu Kota Jakarta. Menurut Anies, strategi angkutan umum listrik ini berpotensi mendongkrak permintaan mobil bebas emisi.

"Bahkan secara khusus untuk transportasi di Jakarta kita mendorong seluruh armada TransJakarta itu menggunakan listrik. Kita berharap 10 ribu armada TransJakarta kendaraan listrik kemudian kita berharap begitu publik punya pengalaman menggunakan kendaraan berbasis listrik dan menciptakan demand [permintaan]," kata Anies dalam kanal Youtube pribadinya, dikutip Senin (20/12).


Sebelumnya diberitakan jika Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memiliki target menggunakan seluruh armada TransJakarta berbasis listrik pada 2030.

Kata Anies selama ini peminat kendaraan listrik di Indonesia masih relatif kecil. Seiring dengan maraknya penggunaan armada TransJakarta berbasis listrik, ia berharap bisa meningkatkan permintaan dan menurunkan harga kendaraan listrik di Indonesia.

"Nah pemerintah meluaskan demand dengan kendaraan umum berbasis listrik. Harapannya masyarakat dapat manfaat pengalaman dan juga harga dari kendaraan berbasis listrik akan turun," katanya.

Sebagai informasi, rencana penggunaan bus tanpa emisi sebagai armada TransJakarta telah dimulai sejak 2020.

Saat itu TransJakarta bahkan sedang menyeleksi puluhan merek yang ikut program penyediaan bus listrik. Diketahui ada 28 merek dari berbagai negara yang sudah mendaftar ikut program peremajaan bus konvensional TranJakarta menjadi bus listrik itu, namun disebut belum satupun yang terpilih.

Selain seleksi, beberapa merek bus listrik juga telah melakukan uji coba sebagai armada TransJakarta beberapa waktu belakangan.

Anies juga mengatakan pemerintah DKI telah mendorong penggunaan kendaraan berbasis listrik melalui sejumlah kebijakan antaranya bebas ganjil genap dan pajak kendaraan bermotor dibuat nol.

"Jadi kita mendorong pada penambahan kendaraan bebas emisi," ucap Anies.

[Gambas:Video CNN]



(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER