Kominfo-Opsel Siapkan 5G di MotoGP Mandalika 2022

CNN Indonesia
Selasa, 04 Jan 2022 19:17 WIB
Menteri Kominfo, Johnny G Plate menyebut rencana penggunaan 5G di Sirkuit Mandalika sudah dibahas dengan operator seluler dan penyelenggara fiber optik. Paddock Sirkuit Mandalika. (Foto: (Haryanto Tri Wibowo/CNNIndonesia))
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membeberkan rencana penggunaan layanan 5G untuk balap motor kasta tertinggi MotoGP Mandalika 2022.

Menteri Kominfo, Johnny G Plate menyebut rencana penggunaan 5G di Sirkuit Mandalika sudah dibahas dengan operator seluler (opsel) dan penyelenggara fiber optik.

"Kita mendukung dan memberikan support kepada penyelenggaraan MotoGP melalui penyediaan yaitu spektrum frekuensi khusus untuk paddock," ujar Johnny dalam acara virtual penggabungan dua opsel, Hutchison 3 Indonesia dengan Indosat Ooredo, Selasa (4/1).


Sehingga, kata Johnny, secara teknis mendukung komunikasi bagi pembalap saat MotoGP Mandalika berlangsung.

Sebagai informasi, Sirkuit Mandalika, Lombok, dipercaya menjadi tempat laga balapan MotoGP di Indonesia tahun. Balapan itu dijadwalkan bergulir pada 18 hingga 20 Maret 2022.

"Untuk 5G experience di MotoGP Mandalika nanti ini kami sudah bicarakan dengan perusahaan opsel, operator fiber optik juga telah memberikan komitmenya atas transmisi data selama MotoGP Mandalika 2022," ujarnya.

Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 bangun 11 ribu site baru

Johnny mengatakan merger kedua perusahaan operator seluler di Indonesia diharapkan berkomitmen dengan menambah jumlah jaringan paling sedikit 11.400 site baru hingga akhir 2025. Sehingga secara total jumlah site Indosat sejumlah 52.885 site pada 2025.

Kemudian, Indosat dan Hutchison 3 diminta memperluas cakupan wilayah yang layanan paling sedikit 7.660 desa kelurahan baru sampai 2025.

Selain itu Johnny juga meminta untuk meningkatkan kualitas layanan unduh paling sedikit 12 persen, layanan unggah 8 persen dari sebelumnya, paling lambat pada 2025.

Lebih lanjut Johnny menjelaskan, izin penyelenggaraan jasa sistem komunikasi PT Hutchison 3 Indonesia akan dialihkan menjadi izin penyelenggaraan jasa sistem data PT Indosat Tbk.

(can/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER