3 Skema Bayar Tol Tak Perlu Setop yang Mulai 2022

Rayhand Purnama | CNN Indonesia
Kamis, 30 Dec 2021 15:12 WIB
Bayar tol tanpa sentuh bisa menghemat waktu 30 detik hingga 5 menit yang biasanya dibutuhkan untuk transaksi di gerbang tol dengan cara sebelumnya. Pembayaran di gerbang tol dengan cara sentuh akan digantikan dengan teknologi Multi Lane Free Flow (MLFF). (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sistem pembayaran di tol tanpa sentuh baru akan diterapkan pada Juli 2022 menurut keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Seperti diketahui pembayaran pada gerbang tol dengan sistem demikian memiliki teknologi bernama Multi Lane Free Flow (MLFF) yang konsepnya berbasis Global Navigation Satellite System (GNSS). Sistem akan mengenali dan menentukan posisi kendaraan yang hendak masuk ke jalan tol.

Ada tiga cara yang dapat digunakan pengemudi dalam penerapan pembayaran tol tanpa sentuh. Berikut caranya.


Pertama, pakai electronic on-board unit berupa aplikasi yang diunduh pada ponsel. Aplikasi ini terintegrasi dengan sistem pembayaran di gerbang tol.

Kedua, menggunakan On-Board Unit (OBU) yang dipasang di kendaraan. Perangkat ini juga terintegrasi untuk melakukan pembayaran di gerbang tol. Tapi perlu dicatat berarti masyarakat harus membeli alat ini dulu.

Alternatif lain yakni menggunakan electronic route ticket atau tiket sekali jalan.

Kepala Subbidang Operasi dan Pemeliharaan I BPJT Galuh Permana Waluyo menjelaskan menjelaskan masyarakat bisa memilih cara sesuai kebutuhan. Misalnya jika tidak sering memakai jalan tol, mungkin masyarakat bisa memanfaatkan tiket sekali jalan.

Galuh mengatakan saat ini pihaknya masih mempersiapkan penerapan MLFF. Dia juga menyinggung sosialisasi hal ini perlu dilakukan agar dipahami masyarakat.

"Saat ini kita masih berproses, kami targetkan nanti aplikasi (MLFF) itu akan siap diluncurkan kepada masyarakat pada Juli 2022. Tentunya hal ini membutuhkan sosialisasi yang cukup masif," ujar Galuh seperti diberitakan Antara, Selasa (28/12).

Lebih lanjut, Galuh menekankan MLFF bisa menghemat waktu 30 detik hingga 5 menit yang biasanya dibutuhkan untuk transaksi di gerbang tol dengan cara sebelumnya.

Implementasi tahap pertama penggunaan teknologi MLFF akan dilakukan di 40 ruas tol yang ada di Jawa dan Bali mulai 2022.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER