Huawei Klaim Buat Kunci Mobil Digital Pertama Teknologi Bluetooth-NFC

Rayhand Purnama | CNN Indonesia
Senin, 03 Jan 2022 13:45 WIB
Kunci mobil digital pertama dengan dukungan teknologi Bluetooth dan NFC. Ilustrasi kunci mobil digital pertama besutan Huawei. (Foto: CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Huawei mengungkap bila perusahaan telah meluncurkan kunci mobil digital pertama dengan dukungan teknologi Bluetooth dan NFC.

Fitur Huawei Wallet mobil pintar ini juga sudah terpasang pada AITO M5 yang baru diluncurkan di China. AITO M5 sekaligus menjadi mobil pertama pada industri yang mendukung Bluetooth dan NFC (Near field communication) dalam satu kunci mobil digital.

AITO M5 merupakan SUV hybrid plug-in listrik pintar pertama dari AITO. Mobil ini terinspirasi Porsche Macan, dan dikembangkan bersama Huawei dan merek China lainnya, Seres, yang berada di bawah perusahaan konglomerat Chongqing Sokon.


Saat ini, fungsi kunci mobil digital Huawei Wallet mendukung pengoperasiannya pada ponsel Huawei yang menjalankan HarmonyOS 2.0 dilansir Huawei Central.

Setiap orang juga disebut dapat menggunakannya karena sesuai dengan standar ICCE China untuk memenuhi persyaratan keamanan dan keselamatan di jalan raya.

Mudahnya kunci digital akan menggantikan semua peran dari kunci fisik atau konvensional. Sistem akan bekerja dengan dukungan NFC dan Bluetooth secara bersamaan tanpa disadari.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka pintu dalam hitungan detik hanya dengan menyentuh ponsel dan menyalakan mesin dengan satu sentuhan.

Melalui ini pengguna hanya cukup mendekatkan ponsel pintarnya ke kendaraan pada jarak aman 3 meter untuk membuka kunci kendaraan secara otomatis.

Gizmo China menyebut untuk mengilustrasikan teknologi ini, bila kunci mobil digital menggunakan Bluetooth untuk membuka dan mengunci mobil dari jarak jauh, tidak berfungsi karena baterai ponsel habis, fitur NFC bisa mengambil alih. Dengan begitu pemilik tetap memiliki akses ke interior meskipun Bluetooth tidak berfungsi.

Ke depan Huawei akan memperluas fungsi kuncinya ke ponsel melalui jam pintar Huawei Watch 3.

Teknologi pembuka kunci mobil seperti ini dianggap lebih nyaman bagi pengemudi kala membuka kunci mobil, sebab mereka cukup dengan menyentuh layar smartwatch dibandingkan mengeluarkan ponsel.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER