5 Alasan 5G Penting Hadir di Tahun 2022

CNN Indonesia
Minggu, 09 Jan 2022 09:51 WIB
Jaringan 5G terus coba direalisasikan berbagai pihak: pemerintah, operator seluler, hingga produsen gawai termasuk smartphone. Ilustrasi. Jaringan 5G terus coba direalisasikan berbagai pihak: pemerintah, operator seluler, hingga produsen gawai termasuk smartphone. (Foto: iStockphoto/alexsl)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jaringan 5G terus coba direalisasikan berbagai pihak: pemerintah, operator seluler, hingga produsen gawai termasuk smartphone.

Operator seluler terus memetakan wilayah di Indonesia untuk menyiapkan operasional jaringan 5G. Terdapat sejumlah hal penting, alasan mengapa 5G seharusnya sudah bisa 'aktif' tahun 2022.

Berikut sejumlah alasan mengapa 5G penting di tahun 2022, dirangkum oleh POCO Indonesia dalam sebuah siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com:


1. Cakupan 5G Makin Luas

Operator seluler berlomba menyediakan layanan 5G di Indonesia. Meski baru di beberapa kota besar, namun proses pemetaan daerah ke daerah terus berjalan.

Saat ini jaringan 5G sudah tersedia di sejumlah titik, mulai dari DKI Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Medan, Batam, Makassar, Balikpapan, dan Bali.

Dalam rangka pemerataan internet cepat di Indonesia, bahkan pemerintah melalui Kominfo telah meminta operator menghapus layanan 3G, demi pemerataan 4G sebagai batu loncatan ke 5G.

2. Aktivitas Harian Lebih 'Cepat'

Koneksi 5G, sebagai generasi kelima menawarkan kecepatan yang lebih besar dari generasi sebelumnya.

5G akan memudahkan pengguna dalam beraktivitas di smartphone, termasuk browsing, bermain game online, mengunduh file, streaming video, dan aktivitas lainnya.

Kecepatan 5G disebut sepuluh kali lebih cepat dibanding 4G, dengan kecepatan rata-rata mencapai hampir 500 Mbps di wilayah yang padat penduduk.

Alasan lainnya di halaman berikutnya..

Gaya Hidup, Gaming

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER