Spesifikasi Fortuner 2.8L dan Land Cruiser yang Meluncur Pekan Ini

CNN Indonesia
Senin, 10 Jan 2022 11:30 WIB
Fortuner 2.8L merupakan varian baru dan Land Cruiser 300 adalah generasi ketujuh, keduanya bakal meluncur pada 13 Januari 2021. Toyota Fortuner Legender. (Toyota Thailand)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pekan ini Toyota bakal merilis dua Sport Utility Vehicle (SUV) baru di Tanah Air. Dua mobil ini merupakan Land Cruiser 300 dan varian baru Fortuner dengan mesin 2.800 cc.

Peluncuran kedua model sebelumnya sudah terendus sejak 2021, namun Toyota mengonfirmasi peluncuran bakal dilakukan pekan ini, pada Kamis (13/1).

Fortuner 2.8

Fortuner 2.8L yang akan dirilis di Tanah Air besar kemungkinan bukan varian Legender, seperti yang sudah dirilis di negara lain di Asia Tenggara.


Nama 2.8 berarti Fortuner dibekali mesin lebih besar dan bertenaga yaitu diesel 2.800 cc, sebelumnya model ini memakai 2.500 cc. Namun mesin 2.800 ini kemungkinan hanya akan digunakan pada varian tertinggi yaitu G 4x4 dan GR Sport, sedangkan sisanya tetap menggunakan mesin lama.

Informasi tambahannya, pihak internal Toyota menyebutkan varian VRZ tidak akan disuguhkan lagi.

Perbedaan pada varian 2.8 kemungkinan hanya ada pada sisi mesin. Sedangkan dari sisi desain dan fitur kemungkinan sama seperti Fortuner varian tertinggi saat ini.

Mesin 2.800 ini kabarnya akan mengadopsi turbo diesel intercooler berkode 1GD-FTV dengan spesifikasi 4-silinder segaris berkubikasi 2.755 cc dengan pilihan transmisi otomatis.

Di atas kertas, mesin ini dapat melepas tenaga 201,2 hp pada 3.400 rpm dan torsi 500 Nm pada rentang 1.600 hingga 2.800 rpm.

Sementara soal harga, belum banyak informasi tersebar. Tapi saat ini Fortuner yang dijual Toyota dibanderol mulai Rp521,6 juta- Rp630,5 juta.

Informasi lainnya, Toyota telah memproduksi varian 'Legender' sejak tahun lalu di pabrik mereka di Indonesia. Namun penjualan unit itu hanya dilakukan untuk ekspor.

Toyota Land Cruiser 300.Toyota Land Cruiser 300. (Toyota)

Land Cruiser 300

Generasi terbaru yang dinamakan Land Cruiser 300 telah meluncur secara global pada Juni 2021, namun baru dipastikan meluncur di dalam negeri pada pekan ini.

Land Cruiser 300 kini memakai platform baru, GA-F, dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Platform ini memangkas bobot hingga 200 kg.

Di Jepang, mobil ini dibekali dua pilihan mesin, yakni bensin V6 3.500 cc V35A-FTS dan diesel V6 3.300 F33A-FTV. Keduanya dibekali satu opsi transmisi Direct Shift-10 AT.

Varian bensin terdiri dari varian terbawah GX yang cuma muat lima penumpang dan AX, VX, ZX, serta GR Sport dengan kapasitas tujuh penumpang.

Sedangkan semua varian diesel terdiri dari ZX dan GR Sport yang keduanya cuma punya lima tempat duduk. Sementara platformnya akan menggunakan platform GA-F dari Toyota New Global Architecture (TNGA).

Sebagai pengganti Land Cruiser 200, bagian suspensi juga telah disempurnakan, termasuk penggunaan E-KDSS (Electronic Kinetic Dynamic Suspension System) dan electronic differential lock khusus varian GR Sport.

Fitur pendukung lain yakni hydraulic power steering dengan steering actuator, electronic control brake, dan rear torsen limited slip differential.

Land Cruiser juga sekarang disematkan Toyota Safety Sense yang terdiri dari pre-collision system, parking support brake, plus support, camera wash, blind spot monitor, dan ITS Connect.

Belum diketahui persis apakah Toyota akan membawa persis Land Cruiser 300 seperti di Jepang atau memangkas sejumlah fiturnya untuk menyesuaikan kebutuhan di Indonesia.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER