BRIN Jelaskan Bahaya Eksploitasi Air Tanah DKI untuk Jangka Panjang

CNN Indonesia
Senin, 10 Jan 2022 17:54 WIB
Air tanah di DKI Jakarta memiliki peranan untuk kehidupan. Namun masalahnya muncul ketika eksploitasi air tanah di ibu kota secara berlebihan. Air tanah di DKI Jakarta memiliki peranan untuk kehidupan warga. (Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ahli Geoteknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Raсhmat Fajar Lubis menjelaskan air tanah sebagai salah satu sumberdaya air saat ini telah menjadi permasalahan di DKI Jakarta.

Air tanah di ibu kota memiliki peranan untuk kehidupan. Namun masalahnya muncul ketika eksploitasi air tanah DKI Jakarta secara berlebihan. Menurutnya ada dampak buruk yang akan ditumbulka akibat aktivitas ini.

Dijelaskan Raсhmat, masalah pertama yakni terjadi penurunan kualitas dan kuantitas air di Ibu Kota Jakarta.


"Di pemukiman warga kualitas air akan turun terus, jadi airnya makin lama makin kuning, besinya makin terasa kemudian makin tercemar, air makin keruh," ujar Rachmat kepada CNNIndonesia.com lewat sambungan telepon, Senin (10/1).

Selain itu ada potensi posisi air tanah bakal turun. Dengan demikian sumur air harus digali lebih dalam, sehingga masyarakat harus mengeluarkan biaya lebih untuk instalasi air.

Idealnya, kata Rachmat, aktivitas pengambilan air tanah di DKI secara berlebihan dihentikan peran air tanah semakin penting. Sebaliknya, di kota-kota besar seperti di DKI Jakarta memang harus tersedia perusahaan air yang dapat menyuplai air ke masyarakat dan tak mengandalkan air tanah sebagai sumber utama.

"Kalau bicara kota besar itu harus disediakan oleh perusahaan air minum. Dengan harganya murah kalau bisa langsung diminum," tuturnya.

Kemudian Rachmat menjelaskan pengambilan air tanah secara berlebihan dampak negatif bagi lingkungan, seperti berpotensi amblasnya permukaan tanah atau disebut kompaksi tanah.

Kondisi itu slantaran kandungan air pada pori-pori tanah sudah tidak lagi ada, sehingga secara gravitasi butir tanah akan menjadi padat dan tanah berpotensi amblas.

"Itu bahaya yang bisa menjadi bencana kan. Air ini bukan hanya warisan tapi ini untuk anak cucu kita nanti," tuturnya.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menerbitkan Peraturan Gubernur Nomor 93 Tahun 2021 tentang Zona Bebas Air Tanah. Aturan tersebut melarang penggunaan air tanah di sejumlah lokasi mulai 1 Agustus 2023

Dalam Pergub tersebut, Anies menerapkan zona bebas air tanah. Kriteria bangunan gedung yang dilakukan pengendalian air tanah di zona bebas air tanah itu meliputi bangunan dengan luas lantai 5.000 meter persegi atau lebih, dan/atau bangunan dengan jumlah lantai 8 atau lebih.

Selain melarang, Anies juga mengatur ihwal pengendalian air tanah di zona bebas air tanah. Pengendalian pengambilan air tanah di zona bebas air tanah dilakukan dengan pengetatan pemantauan pengambilan air tanah dan pelarangan pengambilan dan/atau pemanfaatan air tanah.

Berikut adalah deretan wilayah DKI Jakarta yang merupakan zona bebas penggunaan air tanah:

1. Kawasan Industri Pulo Gadung (JIEP), Jakarta Timur
2. Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan
3. Kawasan Rasuna Epicentrum, Jakarta Selatan
4. Kawasan SCBD Sudirman, Jakarta Pusat
5. Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan
6. Kawasan Medan Merdeka, Jakarta Pusat
7. Kawasan Asia Afrika, Jakarta Pusat
8. Kawasan Menteng, Jakarta Pusat
9. Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Area Jalan Bebas Air Tanah

1. Jalan Gaya Motor Raya, Jakarta Utara
2. Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara
3. Jalan Danau Sunter Utara, Jakarta Utara
4. Jalan R.E Martadinata, Jakarta Utara
5. Jalan Cakung Cilincing, Jakarta Utara
6. Jalan Akses Marunda, Jakarta Utara
7. Jalan D.I Panjaitan, Jakarta Timur
8. Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur
9. Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat
10. Jalan MH.Thamrin, Jakarta Pusat
11. Jalan Prof Dr. Satrio, Jakarta Selatan
12. Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan

(can/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER