Cara Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Mengubah Akun

tim | CNN Indonesia
Kamis, 20 Jan 2022 11:02 WIB
Cara mengganti nomor WhatsApp tidak memerlukan aplikasi tambahan atau pihak ketiga dan dapat diterapkan di perangkat Android maupun iOs. Cara mengganti nomor WhatsApp tanpa ubah akun. (Ilustrasi Foto: antonbe/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Fitur mengganti nomor WhatsApp (WA) memungkinkan user untuk mengganti nomor telepon yang diasosiasikan dengan akun. Fitur ganti nomor WA dapat digunakan baik tetap menggunakan ponsel yang sama ataupun berganti ke ponsel baru.

Cara mengganti nomor WhatsApp tanpa ubah akun tidak memerlukan aplikasi tambahan atau pihak ketiga. Cara mengganti nomor WhatsApp ini cukup dilakukan pada menu pengaturan WhatsApp.

Namun sebelum mengganti, pastikan terlebih dahulu bahwa nomor baru yang akan digunakan telah aktif.


Perlu diketahui, setelah mengganti nomor WhatsApp lama dengan yang baru, maka nomor lama Anda akan dihapus dari database dan tak lagi dapat digunakan dalam kontak WhatsApp.

Jika pengguna lain mencoba mengirim pesan ke nomor lama, pesan tersebut hanya akan mendapat centang satu.

Cara Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Ubah Akun

ilustrasi aplikasi whatsapp. CNNIndonesia/Adhi WicaksonoCara mengganti nomor WhatsApp tanpa ubah akun tidak memerlukan aplikasi tambahan atau pihak ketiga dan dapat diterapkan di perangkat Android maupun iOs (Ilustrasi Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Selain memungkinkan pengguna memperbarui nomor telepon, cara ini juga sekaligus mentransfer semua data serta grup ke nomor baru yang digunakan.

Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir kehilangan chat atau kontak jika mencoba fitur ini. Berikut caranya.

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Ketuk ikon tiga titik pada pojok kanan atas layar
  3. Ketuk dan pilih menu Setelan atau Settings
  4. Kemudian pilih menu Akun lalu ketuk Ganti Nomor, klik Lanjut
  5. Baca dengan saksama informasi perihal ganti nomor
  6. Selanjutnya ketuk Berikutnya atau Next
  7. ·Masukkan nomor ponsel lama pada bagian atas dan nomor baru pada bagian bawah. Ketuk Next atau Selanjutnya
  8. Pada tahap ini Anda diberikan pilihan untuk memberitahu pergantian nomor ke semua kontak, ke pengguna tertentu, atau tidak memberitahukan siapa pun. Setelah memilih ketuk Selesai atau done
  9. WhatsApp kemudian akan memberikan Anda pilihan terkait pengiriman kode verifikasi. Pilih yang menurut Anda nyaman
  10. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan WhatsApp agar nomor baru dapat aktif. Jika memilih SMS cek kotak masuk pesan Anda.

Perihal pilihan pemberitahuan pergantian nomor ke semua kontak memudahkan mengirim pesan ke semua daftar kontak termasuk grup bahwa nomor WhatsApp Anda telah berubah.

Cara ini lebih hemat waktu dan praktis. Panduan langkah ini selain bisa diterapkan di Android juga berlaku bagi pengguna iPhone.

Yang Terjadi Usai Ganti Nomor

Banyak pengguna khawatir hilangnya riwayat percakapan dan dokumen yang telah dikirim saat pergantian nomor dilakukan. Namun nyatanya tak demikian. Berikut yang akan terjadi jika Anda mengganti nomor WA.

  • Riwayat percakapan tetap tersimpan beserta dokumen yang pernah dikirimkan baik itu personal maupun grup. Notifikasi pergantian nomor akan muncul otomatis pada semua pengguna yang berada dalam daftar percakapan Anda. Riwayat akan hilang jika sebelum pergantian nomor, Anda telah lebih dulu menghapusnya atau berganti ponsel.
  • Menu pengaturan seperti ringtone, privasi, dan lain sebagainya secara otomatis menyesuaikan dengan nomor baru. Anda tak perlu lagi melakukan pengaturan ulang.
  • Mengganti nomor tidak akan membuat Anda keluar dari grup.
  • Jika terdapat pemblokiran nomor pada nomor WhatsApp lama, nomor tersebut akan terbebas dari pemblokiran.

Demikian cara mengganti nomor WhatsApp tanpa mengubah akun yang bisa dicoba.

(tim/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER