Pabrik Hyundai di Cikarang Mulai Produksi Mobil

CNN Indonesia
Selasa, 18 Jan 2022 02:45 WIB
Pabrik Hyundai berlokasi di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Inden Creta sejak awal diluncurkan hingga akhir Desember 2022 mencapai 1.200 unit. Hyundai secara resmi mengumumkan produksi mobil pertama di pabrik Cikarang, Jawa Barat, Indonesia, Senin (17/1). (Foto: Arsip Hyundai)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hyundai secara resmi mengumumkan produksi mobil pertama di pabrik Cikarang, Jawa Barat, Indonesia. Model perdana buatan pabrik ini adalah produk Creta yang diluncurkan pertama kali oleh Hyundai pada ajang GIIAS November 2021.

"Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) merayakan dimulainya produksi massal atas model Hyundai pertama yang diproduksi di Indonesia, untuk masyarakat Indonesia, yaitu Hyundai Creta," tulis Hyundai dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin (17/1).

Pabrik Hyundai berlokasi di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Inden Creta sejak awal diluncurkan hingga akhir Desember 2022 mencapai 1.200 unit.


Pabrik ini diketahui lahir setelah pada 26 November 2019 Hyundai Motor Company dan pemerintahan Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk membangun pabrik manufaktur di Tanah Air yang sekaligus menjadi pusat manufaktur pertamanya di Asia Tenggara.

Pabrik tersebut memiliki nilai investasi sekitar US$1,55 miliar hingga 2030.

Lalu pada Desember 2021, Hyundai telah menyelesaikan pembangunan pabrik ini yang berlokasi di Deltamas. Pabrik manufaktur ini dibangun di atas lahan seluas 77,7 hektar dengan luas bangunan 18,8 hektar.

Merek asal Korea Selatan ini juga menyebut bila Maret 2021 mereka akan memulai produksi mobil listrik. Namun untuk modelnya belum disebutkan.

Spesifikasi Hyundai Creta disokong mesin bensin 1.500 cc bertenaga 115 PS dan torsi 143,8 Nm. Pilihan transmisi ada dua, yakni manual 6-percepatan dan Intelligent Variable Transmission (IVT).

Interiornya tersedia berbagai fitur seperti cooled glove box, ambient mood lamp, panoramic sunroof, dan ventilated seat. Buat pengemudi tersedia layar TFT LCD 10,25 inci, sementara di tengah dasbor ada layar hiburan 8 inci yang terkoneksi ke delapan speaker Bose.

Creta juga tersedia fitur Hyundai Bluelink, yakni sistem untuk menghubungkan ponsel pengemudi dengan mobil. Hyundai Bluelink memiliki banyak guna, di antaranya membuka atau menutup kunci, menghidupkan atau mematikan mesin, mengatur suhu kabin, menyalakan klakson, dan mengetahui lokasi parkir.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER