Potensi Gairah Bisnis Bengkel Setelah Polisi Gelar Balap Jalanan

CNN Indonesia
Rabu, 19 Jan 2022 08:31 WIB
Menurut salah satu pelaku bisnis bengkel performa motor, ada peluang barang dan jasa terkait meninggi usai polisi gelar balap jalanan secara resmi. Polda Metro Jaya menggelar balap liar resmi atau street race perdana pada 16 Januari 2022. Minggu (16/1/2021). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Toko otomotif ataupun bengkel balap yang biasanya menyediakan aksesori, suku cadang, maupun jasa peningkatan performa sepeda motor kemungkinan bakal mengalami peningkatan bisnis setelah 'balap liar' kini punya tempat resmi yang disediakan kepolisian.

Polri telah melaksanakan ide baru menyiapkan lokasi balap jalanan buat memfasilitasi keinginan membalap warga agar tidak memilih jalur balap liar yang membahayakan. Selain meningkatkan keselamatan berkendara, proyek ini juga diprediksi bisa membangkitkan bisnis seputar barang-barang performa motor.

Hal ini yang diakui salah satu pebisnis, yakni pemilik bengkel R59 Racing di Ciputat, Tangerang, Ergus Oei.


Menurut Ergus kemungkinan tersebut sangat besar sebab kini terdapat wadah anak muda menyalurkan hobi ngebut di atas motor.

"Bisa ada efek dominonya. Seperti sekarang tanpa ada dilegalkan cukup besar, apalagi dibuat legal. Semua pasti berkesinambungan," kata Ergus saat dihubungi, Selasa (18/1).

Balap liar legal pertama baru saja digelar di bawah naungan Polda Metro Jaya pada Minggu (16/1) di Ancol, Jakarta.

Balapan dengan nama Street Race Ancol ini punya sejumlah persyaratan bagi joki, di antaranya mengunakan helm full face, minimal jaket dan celana jin atau baju balap, sarung tangan, sepatu, dan lainnya.

Lalu joki di bawah usia 17 tahun wajib melampirkan pernyataan telah diizinkan orang tua.

Ergus menambahkan ada sejumlah suku cadang yang penjualannya dapat meningkat dan itu tentu berkaitan dengan performa. Namun berapa potensi kenaikan, hal tersebut belum bisa diterka.

"Misal knalpot, blok bore up. Paket 'kirian' buat matik, noken as, karburator. Itu pasti yang dicari," ucap dia.

Selain karena dukungan, Ergus saat ini sangat optimistis pada bisnis aksesori atau suku cadang balap. Sebab sejak masuk era pandemi, kebutuhan masyarakat menyangkut hobi otomotif terus meningkat.

"Kalau sekarang semenjak pandemi jualan barang hobi naik semua," kata Ergus.

Street Race rencananya bukan hanya digelar di Jakarta, tetapi juga di berbagai lokasi Polda yang lain. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran sudah mengatakan acara ini akan diselenggarakan di Serpong, Tangerang Selatan, dan sudah dibicarakan juga digelar di Bekasi.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER