Kelakar Netizen Singkat Ibu Kota Baru dan Sekitar BONUS SAMBAL PETE

CNN Indonesia
Jumat, 21 Jan 2022 16:52 WIB
Cuitan para netizen ini merespons Presiden Joko Widodo yang telah memilih nama Nusantara sebagai nama ibu kota negara berlokasi di Penajam Paser Utara, Kaltim. Rencana pembangunan Ibu Kota 'Nusantara' di Kalimantan Timur. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ibu kota negara (IKN) yang diberi nama Nusantara memicu kreativitas netizen. Berbagai singkatan kocak ibu kota negara dan sekitar dicuitan warganet di media sosial twitter.

Cuitan para netizen ini merespons Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah memilih nama Nusantara sebagai nama ibu kota negara yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Nama tersebut mengalahkan 79 nama lain yang diusulkan. Nama-nama itu di antaranya Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Nusa Jaya, Pertiwipura, Warnapura, Cakrawalapura, hingga Kartanegara.


Nama Nusantara memicu kreativitas netizen untuk membuat singkatan nama daerah yang berada di sekitar Nusantara.

"Ini ibukota baru namanya kan fix Nusantara, berarti jabodetabeknya jadi BONUS SAMBAL TERONG (bontang, nusantara, samarinda, balikpapan, tenggarong)," ujar akun @lamborghinill dalam cuitannya, Selasa (18/1).

Singkatan Bonus Sambal Terong yang memicu gelak tawa netizen memicu munculnya singkatan-singkatan lain, seperti dari akun @pemerentah.

"Bonus sambal terong petai (+ Penajam dan Kutai)," tulisnya.

Kemudian singkatan kocak lain juga datang dari akun @galakbaseng yang menambahkan wilayah Penajam dan Tenggarong ke dalam singkatan.

"Jangan lupain Kab. PPU dong harusnya jadi BONUS SAMBAL PETE (Bontang, Nusantara, Samarinda, Balikpapan, Penajam, Tenggarong)," katanya.

Lebih lanjut, sejumlah kota kerap ditulis dalam singkatan tiga huruf seperti Jakarta menjadi JKT, atau Bandung menjadi BDG. Hal tersebut membuat netizen dengan akun @dechandelier berandai-andai kota Nusantara disingkat NTR, yang dalam obrolan pesan singkat merujuk ke kata 'sebentar'.

"Kalo nama ibu kota baru Nusantara nanti singkatan nya jadi NTR ga yaa?" tulisnya pada Kamis (20/1).

Selain itu, obrolan tentang singkatan ibu kota di media sosial Twitter juga diwarnai singkatan sejumlah wilayah di Jakarta. Berikut daftar singkatan kocak daerah-daerah di ibu kota menurut akun @DJ__007__



(lom/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER