Rekomendasi 8 Aplikasi Keyboard Terbaik untuk Android

CNN Indonesia
Selasa, 25 Jan 2022 10:53 WIB
Beragam aplikasi tersaji bagi pengguna Android, termasuk aplikasi keyboard. Berikut ini rekomendasi aplikasi keyboard terbaik untuk Android. Ilustrasi. Ada beberapa aplikasi keyboard terbaik untuk Android. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beragam aplikasi kini disediakan oleh para pengembang untuk semakin mempercantik tampilan ponsel Android yang Anda miliki, termasuk aplikasi untuk keyboard. Berikut ini rekomendasi aplikasi keyboard terbaik untuk Android.

Tampilan keyboard ponsel masa kini tentu saja sangat berbeda dengan tampilan keyboard ponsel jadul. Pada ponsel jadul, keyboard sudah paten dan tidak bisa diubah.

Sementara pada ponsel masa kini, keyboard bisa diubah sesuai dengan keinginan pemiliknya.


Aplikasi Keyboard Terbaik untuk Android

Dilansir dari Android Central, berikut ini rekomendasi aplikasi keyboard terbaik untuk Android yang bisa Anda coba.

1. Gboard

Gboard menjadi aplikasi keyboard pertama yang patut dicoba. Beragam keunggulan diberikan oleh aplikasi Gboard ini, mulai dari kemudahan mengetik cepat, emoji yang berlimpah, dan auto correct yang sangat membantu.

Selain cukup ringan, aplikasi ini bisa Anda dapatkan dengan cuma-cuma alias gratis tanpa takut terganggu iklan.

2. Chrooma

Melanjutkan usaha Google untuk membantu masyarakat Indonesia memaksimalkan potensi Internet, hari ini teknologi voice input (masukan suara) resmi diluncurkan dalam bahasa Jawa dan Sunda. Bekerjasama dengan beberapa universitas lokal seperti Universitas Gajah Mada, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Pendidikan Indonesia, mulai hari ini Anda dapat berbicara dalam bahasa Jawa dan Sunda saat menggunakan aplikasi Google App (), aplikasi Google Translate serta aplikasi keyboard pintar Gboard di Android.Ilustrasi aplikasi keyboard terbaik Android. (Courtesy of Google)

Selain keyboard yang beraneka warna, Chrooma juga menghadirkan fitur auto correct dan prediksi kata yang ingin Anda ketik dengan cukup baik.

Salah satu keunggulan dari aplikasi Chrooma ini adalah banyaknya pilihan tema yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan. Fitur standar lainnya seperti emoji dan GIF juga tersedia.

3. Fleksy

Meski aplikasi ini hanya berukuran 37 MB, namun Fleksy memberikan segudang fitur yang pantas untuk Anda perhitungkan saat ingin mengganti keyboard bawaan ponsel.

Sebut saja dukungan lebih dari 65 bahasa, smart gestures, adaptive size, dan kemudahan dalam customize aplikasi ini sesuai dengan keinginan.

4. SwiftKey

Rekomendasi aplikasi keyboard terbaik untuk Android berikutnya adalah SwiftKey.

Ukuran dari SwiftKey tergolong sangat kecil, yakni hanya 8,7 MB saja. Namun, meski kecil, aplikasi SwiftKey tak bisa dianggap remeh.

Selain menyediakan lebih dari 100 kata, SwiftKey juga mempersilakan Anda untuk membuat tema sendiri.

5. Typewise

Aplikasi Typewise baru saja melakukan update pada tampilan dan kemampuannya dalam mengoreksi kesalahan dalam mengetik.

Bahkan, mereka mengklaim bisa memberikan koreksi otomatis yang lebih baik jika dibandingkan dengan Gboard dan SwiftKey.

6. Grammarly Keyboard

Ilustrasi Smartphone AndroidIlustrasi. Ada beberapa aplikasi keyboard terbaik untuk Android. (smalox/Thinkstock)

Grammarly Keyboard sangat cocok untuk Anda yang gemar mengirimkan pesan dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Pasalnya, Grammarly Keyboard akan membenarkan tata letak dan gramatika dari tulisan yang Anda ketik. Semakin menarik karena Anda bisa menyesuaikan dialeknya juga.

7. OpenBoard

OpenBoard menawarkan sesuatu yang mungkin dianggap sepele namun bisa jadi sangat penting, yakni memata-matai apa yang Anda lakukan.

Pihak pengembang mengatakan jika mereka tidak akan melakukan tindakan tersebut sehingga privasi Anda akan sangat terjaga.

Selain itu, fitur standar juga masih tersedia pada aplikasi OpenBoard ini. Misalnya saja koreksi otomatis, emoji, dan tema.

8. AnySoftKeyboard

Aplikasi terakhir yang bisa Anda lirik adalah AnySoftKeyboard. Aplikasi ini sangat sesuai bagi Anda yang menginginkan keyboard sederhana.

Fitur yang disajikan oleh pihak pengembang cukup baik. Mulai dari tema yang bisa Anda pilih, tata letak tulisan, emoji, dan beberapa fitur lainnya.

Itulah rekomendasi aplikasi keyboard terbaik untuk Android kesayangan Anda.

(ahd/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER