Pemerintah Uji Coba Produksi Bensin dari Minyak Sawit

CNN Indonesia
Rabu, 26 Jan 2022 21:39 WIB
Bensa atau minyak sawit kini sedang dipelajari untuk menghasilkan bensin dengan RON sampai 115. Pemerintah menguji coba produksi bahan bakar bensin dari minyak sawit atau Bensa. (Kementerian ESDM)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) sedang melakukan uji coba pembuatan bensin menggunakan minyak sawit atau disebut Bensa.

Bensa dinilai memiliki kualitas tinggi dan produksinya direncanakan berkapasitas 238,5 kilo liter (kl) per hari yang akan dibangun di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan dan Kabupaten Pelalawan, Riau.

"Dari skala pilot plantnya yang ada sekarang ini 1.000 liter umpan per hari, itu sudah bisa dihasilkan juga bahan bakar Bensa yang pada saat katalisnya masih segar bisa menghasilkan bahan bakar dengan Research Octane Number (RON) 115, bahan bakar yang berkualitas tinggi," ujar Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengutip situs resminya, Rabu (26/1).


Ia menyebut produk Bensa terbukti menghasilkan energi berkualitas tinggi dan sesuai dengan tuntutan jaman, di mana masyarakat dunia lebih peduli penggunaan energi ramah lingkungan.

"Untuk itu langkah ini sudah tepat, tinggal bagaimana kita melaksanakannya agar proyek ini memiliki nilai komersial yang kompetitif," kata Arifin.

Dikatakan Arifin, Bensa merupakan salah satu jenis bahan bakar nabati (BBN) yang perlu terus didorong pengembangannya oleh pemerintah untuk mencapai kemandirian energi dengan mengurangi impor, baik Bahan Bakar Minyak (BBM) maupun LPG.

"Kita sendiri harus berusaha untuk bisa mandiri di bidang-bidang yang menjadi kebutuhan. Kita mempunyai sumber energi yang beragam yang belum dimanfaatkan. Kita punya batubara, sawit dari hasil perkebunan, kita upayakan untuk bisa ditingkatkan produksinya, kalau tidak, maka kita akan menjadi negara yang tergantung impor," ungkapnya.

Ia bilang inovasi ini meski masih proyek percontohan sangatlah penting karena dari inovasi ini akan didapat parameter penting untuk menuju skala lebih besar dan mengurangi impor BBM.

"Jadi kami sampaikan kepada tim ITB untuk terus semangat mempercepat proses-proses percobaan dan kemudian juga kami bisa memikirkan ke depannya menjadi skala komersial yang memang bisa dimanfaatkan," kata Arifin.

Demo Plant Bensa merupakan unit produksi bensin sawit yang mengkonversi minyak sawit industrial (Industrial Vegetable Oil/IVO) menjadi bensin sawit melalui proses perengkahan yang dikembangkan Pusat Rekayasa Katalisis ITB (PRK ITB), Laboratorium Teknik Reaksi Kimia dan Katalis ITB (LTRKK ITB) yang dipimpin oleh Prof. Dr. Subagjo.

Proses konversi IVO menjadi bensin sawit dilaksanakan dalam reaktor menggunakan katalis berbasis zeolite yang juga dikembangkan oleh PRK ITB dan LTRKK ITB.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER