4 Guna NFC di Ponsel, Bukan Cuma Cek Saldo Uang Elektronik

CNN Indonesia
Senin, 21 Feb 2022 06:12 WIB
Setidaknya ada empat fungsi NFC di ponsel selain digunakan untuk mengecek dan update saldo uang elektronik. Ilustrasi ponsel. (iStock/solidcolours)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penggunaan Near Field Communication atau NFC paling populer mungkin hanya untuk mengecek saldo uang elektronik, namun sebenarnya fitur ini punya berbagai fungsi lainnya yang bermanfaat.

NFC sekarang mudah ditemui di berbagai model ponsel pintar baik kelas flagship, mid-range, hingga entry-level. Pasalnya, seiring perkembangan teknologi, fitur ini menjadi semakin dibutuhkan dalam penggunaan sehari-hari.

Pemakaian NFC untuk cek dan update saldo uang elektronik saat ini semakin sering dilakukan lantaran media pembayaran itu sendiri kini kian luas penggunannya mulai dari alat pembayaran belanja, tol, hingga transportasi umum.

Fitur NFC bekerja menggunakan radio frekuensi untuk melakukan transfer data antar perangkat. Namun tidak seperti bluetooth, jarak transfer antar perangkat menggunakan NFC biasanya hanya 10 sentimeter.

Selain soal jarak, beda NFC dengan Bluetooth adalah pada proses transfer yang cepat, mengonsumsi sedikit daya, serta aman.

Selain mengecek saldo uang elektronik, NFC pada smartphone juga memiliki sejumlah kegunaan lain yang mungkin belum banyak diketahui pengguna.

Berikut 4 kegunaan NFC di ponsel pintar, selain untuk cek saldo uang elektronik seperti dijelaskan Poco Indonesia:

1. Berbagi data pakai Android Beam

Android Beam merupakan fitur yang selalu ada di ponsel Android yang dilengkapi NFC. Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi data, termasuk kontak yang ada di ponsel hanya dengan mendekatkan kedua perangkat untuk berbagi data tersebut.

Android Beam merupakan teknologi berbagi data yang cukup efisien karena hanya membutuhkan sedikit daya, bahkan tanpa daya sekalipun.

Cara menggunakan teknologi pengiriman ini juga cukup mudah, pengguna tinggal memilih file yang ingin dibagikan, lalu pilih Android Beam sebagai pilihan teknologi pengiriman.

2. Speaker Bluetooth

Menyalakan speaker berbasis bluetooth juga bisa dilakukan dengan NFC di smartphone. Bahkan hanya sekali sentuh. Cara ini diklaim lebih cepat dan tidak melibatkan banyak langkah seperti koneksi bluetooth biasanya.

3. Transaksi pembayaran

Untuk bisa menggunakan NFC sebagai transaksi pembayaran, kita memerlukan sebuah aplikasi pembayaran Google Pay terlebih dahulu. Aplikasi tersebut biasanya sudah jadi aplikasi bawaan di ponsel Android yang beredar.

Untuk melakukan pembayaran, pengguna hanya perlu melakukan pemindaian dengan mendekatkan smartphone ke perangkat pembayaran, lalu tekan tombol Bayar.

4. Berbagi koneksi WiFi

Fitur NFC juga dapat digunakan untuk berbagi koneksi WiFi antar perangkat smartphone hanya dengan mendekatkan kedua perangkat dan melakukan pemindaian.

Misalnya, hotel kerap menyediakan alat yang disebut sebagai WiFi Porter sebagai sumber koneksi WiFi. Dengan menggunakan smartphone berbasis NFC, pengguna bisa langsung mengakses WiFi tanpa kata sandi.

Pengguna cukup menempelkan smartphone ke tempat yang disediakan maka WiFi akan otomatis tersambung.

(lom/fea)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER