Cara Mengirim Gambar Lewat WhatsApp agar Tidak Pecah

tim | CNN Indonesia
Selasa, 29 Mar 2022 09:45 WIB
Berikut cara mengirim gambar atau foto lewat WhastApp tetap pada resolusi aslinya, sehingga kualitasnya tidak berkurang atau pecah. Ilustrasi. Berikut cara mengirim gambar atau foto lewat WhastApp tetap pada resolusi aslinya, sehingga kualitasnya tidak berkurang atau pecah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gambar dan foto yang dikirim lewat WhatsApp tak jarang mengalami blur atau buram lantaran penurunan kualitas. Hal tersebut karena WhatsApp secara otomatis mengompres file gambar yang dikirim, sehingga ukurannya lebih kecil dan mempercepat pengiriman.

Namun, ada cara mengirim gambar atau foto lewat WhastApp tetap pada resolusi aslinya. Dengan begitu, kualitas gambar tidak akan menurun atau berkurang.


Setidaknya terdapat beberapa cara untuk mengirim foto dengan WhatsApp. Pertama, Anda dapat memotret langsung lewat kamera internal. Kedua, dengan mengirim melalui galeri untuk foto yang sudah tersimpan.

Akan tetapi, foto yang dikirim via WhatsApp begitu saja lewat kamera atau galeri biasanya mengalami penurunan kualitas gambar sehingga membuatnya tampak pecah alias nge-blur.

Anda bisa menyiasatinya dengan cara kirim foto di WhatsApp dengan memanfaatkan fitur berkirim dokumen.

Meski metode ini sedikit memakan waktu untuk proses upload, apalagi jika ukuran file cukup besar, akan tetapi file foto yang dikirim tidak akan turun kualitasnya layaknya mengirim foto dengan cara biasa.


Cara Kirim Gambar WhatsApp Tanpa Mengurangi Kualitas

Woman using smartphone. The concept of using the phone is essential in everyday life.Ilustrasi. Cara mengirim foto atau gambar lewat WhatsApp tanpa terkompres, sehingga file yang diterima tidak blur sesuai dengan aslinya. iStockphoto/Sitthiphong)

Jika Anda ingin mengirim gambar atau foto tanpa mengurangi resolusi dan ukuran file-nya, simak cara kirim foto atau gambar lewat WhatsApp tanpa dikompres. Dengan demikian, file gambar yang diterima akan tetap tajam sesuai dengan aslinya.

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Pilih kontak yang akan dikirimi pesan foto
  3. Di bagian percakapan, klik ikon penjepit kertas atau paperclip yang biasa untuk melampirkan dokumen di sebelah ikon kamera
  4. Pada layar akan ditampilkan opsi seperti Dokumen, Kamera, Galeri, Audio, Lokasi, dan Kontak. Pilih Dokumen untuk mengirim foto tanpa dikompres
  5. Anda akan dialihkan ke halaman File Manager smartphone dan semua file akan ditampilkan dalam wujud thumbnail
  6. Selanjutnya, klik Browse other docs. Lalu cari dan pilih foto yang ingin dikirimkan
  7. Klik kirim, tunggu sampai proses upload dan pengiriman selesai. Proses upload bisa cepat atau perlu menunggu tergantung ukuran asli file fotonya.


Demikian cara kirim foto tanpa mengurangi kualitas aslinya. Pada tampilan layar chat WhatsApp pengirim maupun penerima, thumbnail foto tidak akan terlihat.

Melainkan foto yang dikirim berupa lampiran dokumen, sehingga penerima harus membuka file lebih dulu untuk mengetahui isinya. Meski demikian, file gambar yang diterima tidak akan blur atau buram.

(fef/fef)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER