TIPS TEKNOLOGI

Cara Temukan Ponsel Android yang Hilang dengan Email

CNN Indonesia
Senin, 11 Apr 2022 09:54 WIB
Cukup mudah menemukan ponsel Android yang hilang dari pantauan. Berikut caranya. Ilustrasi menemukan ponsel Android yang hilang. (Foto: dok. Xiaomi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengguna ponsel Android memungkinkan menemukan ponsel yang hilang melalui email atau surel. Cara menemukannya dengan mengaktifkan fitur keamanan dengan langkah cukup mudah.

Pertama yang harus dipenuhi jika ingin menemukan ponsel yang hilang dengan email adalah perangkat harus sudah log in ke akun Google dengan alamat email pengguna.

Selain itu perangkat yang hilang harus dalam kondisi menyala dan terkoneksi dengan paket data atau jaringan Wifi. Kemudian fitur lokasi pada ponsel juga harus dinyalakan, serta telah mengaktifkan Find My Device di bagian Pengaturan.

Setelah semua syarat tersebut terpenuhi, pengguna dapat melacak, mengunci, maupun menghapus seluruh data ponsel miliknya.

Berikut cara untuk menemukan ponsel yang hilang dengan email:

1. Buka Pengaturan pada ponsel

2. Buka opsi Google

3. Pilih Find My Device

4. Pengguna dapat memilih aplikasi atau website sebagai media pencarian. Jika menggunakan aplikasi, pengguna akan diminta untuk log in apabila belum log in

5. Daftar perangkat yang terhubung dengan akun akan muncul di layar beserta lokasi, koneksi internet yang digunakan, dan kapasitas baterai yang tersisa.

Untuk menemukan lokasi spesifik dari ponsel, pengguna dapat membunyikan perangkat dengan klik pada opsi Play Sound. Fitur ini akan memudahkan pengguna jika ponselnya terselip di tempat-tempat yang kerap luput dari pencarian.

Selain menemukan, Find My Device juga dapat mengamankan ponsel dengan memilih opsi Secure Device. Dengan opsi ini, pengguna juga dapat menambahkan pesan dan nomor ponsel ke layar perangkat agar memudahkan orang yang menemukan ponsel ketika ingin menghubungi pengguna.

Jika perangkat dirasa berada di tempat yang di luar jangkauan dan pengguna menyerah untuk menemukan ponsel, terdapat opsi Erase Device untuk menghapus semua data yang ada di ponsel.

Perlu digarisbawahi, opsi tersebut baiknya dijadikan sebagai pilihan terakhir, karena setelah opsi ini dipilih maka fitur Find My Device tidak akan dapat mengakses perangkat tersebut.

(lom/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER