Jokowi Bakal Bertemu Elon Musk di AS

fea | CNN Indonesia
Selasa, 10 Mei 2022 06:57 WIB
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkap representatif Tesla sedang mengunjungi Morowali untuk melihat potensi nikel di Indonesia. Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/BPMI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana menemui Elon Musk di sela kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat (AS) dalam acara pertemuan petinggi ASEAN bersama Presiden Joe Biden bulan ini. Keduanya bakal membicarakan soal industri nikel, bahan baku pembuatan baterai kendaraan listrik.

Hal ini diungkap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang juga menjelaskan bahwa representatif Tesla, perusahaan mobil listrik milik Musk, tengah berada di Indonesia.

"Oh ya ketemu, kita lagi atur ketemunya mau di mana. Sekarang timnya Tesla ada di kantor saya sedang bicara, tadi makan siang, nanti makan malam, besok ke lapangan, dan besok tinjau ke Morowali," kata Luhut di Kantor Presiden Jakarta, Senin (9/5), diberitakan Antara.

Morowali di Sulawesi Tengah memiliki klaster industri yang mengolah nikel menjadi komponen baterai kendaraan listrik. Area ini mewakili separuh produksi nikel olahan di dalam negeri.

Jokowi akan mengunjungi AS pada 12-13 Mei dalam konferensi tingkat tinggi petinggi ASEAN. Pertemuan ini seharusnya digelar 28-29 Maret namun ditunda karena konflik jadwal dan krisis Rusia-Ukraina.

[Gambas:Instagram]

Luhut melalui unggahan akun Instagramnya mengungkap telah bertemu Musk bulan lalu di Giga Factory Tesla di Austin, Texas. Ini merupakan pertemuan langsung pertama Luhut dan Musk usai sebelumnya kedua pihak sempat membicarakan investasi di Indonesia dua tahun lalu.

Dalam unggahan itu Luhut mengatakan Musk menganggap industri nikel di Indonesia 'sangat menjanjikan untuk mampu men-supply bahan baku baterai mobil listirk, yang sangat dibutuhkan oleh Tesla tentunya sebagai salah satu produsen kendaraan listrik ternama'.

Musk, kata Luhut, akan mengubah jadwalnya demi bertemu Jokowi pada 14 Mei di AS. Jokowi juga dikatakan bakal mengunjungi SpaceX, perusahaan transportasi angkasa luar yang didirikan Musk.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER