TikTok Uji Coba Minigame di Vietnam, Bisa Live Streaming

CNN Indonesia
Minggu, 22 Mei 2022 13:25 WIB
Tiktok tengah menguji coba fitur game yang disertai live streaming di Vietnam dengan menggandeng Zynga. Ilustrasi. TikTok tengah mengujicoba fitur game. (Foto: AFP/OLIVIER DOULIERY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tiktok tengah menguji coba fitur game yang bisa disiarkan langsung alias live streaming pada platform-nya di Vietnam.

Fitur game tersebut ingin dimanfaatkan Tiktok untuk mendulang pundi-pundi pemasukan dari iklan. Selain itu, Tiktok ingin para penggunanya menghabiskan waktu lebih lama di aplikasi mereka.

"Kami selalu mencoba memperkaya platform kami dan secara teratur mencoba fitur baru dan integrasi yang membawa nilai positif ke komunitas kami," kata sumber Tiktok, dikutip dari Reuters.


Vietnam diduga dipilih karena menawarkan populasi melek teknologi dengan 70 persen warganya berusia di bawah 35 tahun.

Pada tahap awal, Tiktok, yang dimiliki oleh ByteDance China, menguji minigame atau gim sederhana berbasis HTML-5 semisal Disco Loco 3D dan Garden of Good. Tiktok juga menggandeng pihak ketiga yakni Zynga untuk mengembangkan fitur game.

Di sisi lain, Tiktok juga berencana menyertakan fitur game ini ke dalam fitur Live Video milik mereka. Mengutip Tech Crunch, nantinya seorang pengguna bisa menyiarkan permainannya kepada pengguna lain.

Tak hanya itu, para pengguna Tiktok juga bisa bermain bersama. Untuk mengembangkan fitur game di Live Video, Tiktok bekerjasama dengan perusahaan yang berbasis di Tel Aviv Israel, Watchful.

Namun demikian, Tiktok belum mengonfirmasi apakah fitur game akan tersedia secara global atau hanya di Vietnam. Pengguna TikTok memang dapat menonton game yang sedang di-streaming di sebagian besar wilayah. Namun, mereka tidak dapat memainkan game dalam aplikasi TikTok.

Di Amerika Serikat, hanya beberapa game yang tampaknya telah diluncurkan, termasuk "Disco Loco 3D" Zynga, game musik dan tarian, dan "Garden of Good".

Tiktok sendiri mestinya tidak akan leluasa memasukkan berbagai jenis game ke dalam platform mereka di Vietnam. Pasalnya, pemerintah setempat melarang game yang memuat unsur perjudian, kekerasan, dan seksual.

Meskipun demikian, proses permohonan lisensi dari Tiktok ke pemerintah Vietnam diprediksi akan berjalan mulus.

ByteDance sendiri belum menanggapi upaya konfirmasi soal kabar ini.

(nto/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER