Xiaomi Resmi Kolab dengan Leica, Produk Diprediksi Rilis Juli

CNN Indonesia
Senin, 23 Mei 2022 19:33 WIB
Xiaomi kolab dengan Leica yang sudah menyatakan pisah dengan Huawei. Ilustrasi. Xiomi menggandeng Leica untuk memperkuat kamera ponselnya. (Foto: AFP/GREG BAKER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Usai mengumumkan perceraiannya dengan Huawei, produsen kamera dan lensa Leica dipinang oleh pabrikan ponsel asal China Xiaomi untuk berkolaborasi pada produksi ponsel.

Sebelumnya, kolaborasi Leica dengan Huawei menelurkan beberapa produk, seperti Huwaei Mate 9, Mate 10, Huawei P10, Huawei P20, dan sederet ponsel flagship Huawei.

Kolaborasi dua merek tersebut berakhir pada pengujung 2021 karena diduga ada pinangan dari raksasa ponsel China lainnya. Rumor yang menyebar sejak November 2021 ini pun akhirnya dikonfirmasi oleh kedua perusahaan.

"Xiaomi dan Leica memiliki kesamaan ide dan pendekatan dalam hal ini sekaligus mengapresiasi keunggulan di bidangnya masing-masing. Kerja sama ini akan menjadi dorongan hebat untuk strategi Xiaomi dalam hal pencitraan foto," kata Pendiri, Chairman dan CEO Xiaomi Group, Lei Jun, dikutip dari siaran persnya, Senin (23/5).


"Lewat kerja sama ini, berbagai hal seperti desain optik, orientasi estetik, teknologi inovatif, filosofi produk dan prerensi pencitraan foto dari kedua pihak akan menghadirkan kolaborasi dan perpaduan yang hebat," lanjutnya.

Lei Jun juga mengaku kedua pihak ingin membawa dunia fotografi mobile ke level berikutnya.

"Xiaomi berfokus untuk menciptakan pengalaman pengguna terbaik, dan selalu berharap untuk mengeksplorasi kemampuan fotografi smartphone secara ekstrem. Xiaomi dan Leica setuju dengan keinginan dan ide masing-masing dan kerja sama mereka melibatkan desain optik serta menyetel orientasi estetika," tuturnya, dikutip dari GSM Arena.

Di sisi lain, CEO Leica Camera AG Matthias Harsch menyebut kerja sama jangka panjang dengan Xiaomi adalah sebuah kehormatan untuknya. Ia juga menyebut tentang kemungkinan kerja sama lebih mendalam yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Kami yakin kehadiran produk smartphone flagship yang dikembangkan bersama ini akan menjadi wujud terobosan yang meningkatkan kedua perusahaan," kata CEO Leica Camera AG Matthias Harsch.

"Kami berkomitmen untuk menghadirkan kualitas gambar menakjubkan, estetika klasik Leica, kreativitas tak terbatas, dan membuka era baru bagi konsumen fotografi mobile," urai dia. 

Dikutip dari Engadget, buah kerja sama kedua perusahaan tersebut dilaporkan akan hadir pada Juli. Rumor yang beredar selama ini merujuk pada ponsel teratas dari seri Xiaomi 12, yakni Xiaomi 12 Ultra.

Meski demikian, Xiaomi tidak memberikan rincian lebih jauh terkait produk barunya tersebut. Kemungkinan besar Xiaomi 12 Ultra akan menggunakan chipset teratas Qualcomm, Snapdragon 8+ Gen 1.

(lom/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER