850 Desa Sulteng Tanpa Internet, Kominfo Sebut Ratusan BTS Belum Aktif

CNN Indonesia
Selasa, 24 Mei 2022 10:00 WIB
Menurut Kominfo saat ini ada 251 BTS aktif di Sulteng, namun masih ada 145 BTS lagi yang akan dibangun mengejar target pada 2023. Menurut Kominfo saat ini ada 251 BTS aktif di Sulteng, namun masih ada 145 BTS lagi yang akan dibangun mengejar target pada 2023. (Edho Sinaga/CNN Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menjelaskan kondisi fasilitas internet di Sulawesi Tengah (Sulteng). Saat ini sebanyak 850 desa di wilayah itu belum punya akses internet.

Kominfo menjelaskan ratusan BTS (Base Transceiver Station) belum aktif sesuai rencana di Sulsel. BTS adalah suatu infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan operator.


Khusus provinsi Sulteng, Kominfo melalui Juru Bicara Dedy Permadi mengungkap, tadinya hanya ada 51 site BTS yang on air.

Kemudian melalui program Bakti (Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi) Kominfo, jumlah BTS di Sulteng disebut sudah bertambah menjadi 251. Namun jumlah ini masih kurang 145 BTS dari target total 396 BTS selesai dibangun pada tahun depan.

"Sekarang telah terdapat 251 site BTS yang sudah on air dari total rencana pembangunan 396 site yang akan selesai pada tahun 2023," kata Dedy kepada CNNIndonesia.com.

Selain pembangunan BTS, Kominfo juga menjelaskan sudah tersedia 786 layanan akses internet publik dari Bakti di 574 desa pada 12 Kabupaten di Sulawesi Tengah.

Dedy mengatakan jumlah tersebut akan terus ditingkatkan untuk menyediakan kebutuhan layanan publik yang memadai bagi masyarakat.

Internet di seluruh Indonesia

Kominfo secara umum menyebut mendorong pembangunan infrastruktur TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di 12.548 wilayah Indonesia yang belum memiliki akses internet memadai di wilayah klasifikasi 3T (non-komersial) dan non-3T (komersial).

"Kementerian Kominfo melalui BLU Bakti bertanggung jawab untuk meningkatkan konektivitas di 9.113 wilayah non-komersial, dan 3.435 wilayah komersial menjadi tanggung jawab operator seluler," sebut Dedy.

"Pemerintah melalui Kementerian Kominfo terus berupaya memeratakan akses internet dengan menggencarkan pembangunan infrastruktur TIK di seluruh wilayah Indonesia. Pelibatan para operator seluler juga terus ditingkatkan dalam upaya ini," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan sebanyak 850 desa di Sulteng belum memiliki akses internet.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sulawesi Tengah Mohamad Nadir mengungkapkan dari total 1.842 desa di Sulteng, sebanyak 942 desa sudah memiliki akses internet. Sementara 850 desa lainnya belum memiliki akses.

(ttf/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER