Seperti Manusia, Gajah Juga Berduka Jika Anaknya Meninggal Dunia

CNN Indonesia
Jumat, 27 Mei 2022 07:40 WIB
Gajah Asia menunjukkan sisi emosionalnya saat ada anggota keluarga yang mati. Hal itu diketahui lewat pengamatan terhadap video Youtube. Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Jakarta, CNN Indonesia --

Kesedihan akibat ditinggal meninggalnya keluarga tak hanya dirasakan manusia. Gajah diketahui merupakan hewan yang juga merasakan sedih ketika ada kerabatnya yang berpulang.

Melansir Live Science, gajah Asia (Elephas Maximus) bisa membawa anggota keluarganya yang meninggal. Padahal, anggota keluarga itu telah tiada beberapa hari atau pekan sebelumnya.

Salah satu buktinya terlihat dari video yang diunggah di Youtube. Dalam video itu terlihat ibu gajah menggendong tubuh gajah kecil yang diduga anaknya yang telah mati.


Pengamatan terhadap video itu dilakukan oleh Pokharel Sharma dan Raman Sukumar dari Indian Institute of Science. Mereka menilai perilaku berduka gajah mirip dengan hewan berjenis primata.

Menurut mereka, hewan-hewan tersebut memiliki ikatan batin dengan keturunannya.

"Ibu dari seekor anak gajah atau primata punya kemiripan karena mereka membesarkan anaknya hingga mereka cukup kuat untuk mempertahankan diri sendiri," kata keduanya.

"Oleh karena itu, ikatan yang telah cukup lama antara ibu dan anaknya mungkin memotivasi sang ibu untuk merespon jika anaknya telah tiada," kata kedua ahli itu melanjutkan.

Pokharel dan Sharma mengakui, sulit untuk menerka motif di balik tindakan gajah dewasa tersebut membawa anaknya yang mati.

Namun keduanya sepakat video tersebut bisa menunjukkan jika beberapa hewan akan menyadari jika ada yang mati di anggota kelompoknya.

Pendapat serupa diungkapkan Brian Aucone dari Kebun Binatang Denver. Ia menilai gajah dewasa tersebut sedang menduga-duga apa yang telah terjadi dengan bayinya.

"Saya kira dia membawa jasad itu dan mencoba menduga-duga apa yang telah terjadi. Ada sesuatu di tengah interaksi sang ibu dengan keturunannya, seperti juga kita," kata Aucone.

Perilaku gajah Asia ini mirip dengan kerabatnya di Afrika. Gajah Afrika telah diketahui kerap menunjukkan sisi emosional mereka jika anggota kelompoknya ada yang mati.

Mereka biasanya menyentuh tubuh anggota yang mati dengan belalai atau tetap berdiri di sekitar jasadnya.

(lth/lth)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER