Buya Trending Topic, Netizen Ungkap Kerinduan pada Sosok Syafii Maarif

CNN Indonesia
Jumat, 27 Mei 2022 14:20 WIB
Kepergian eks Ketum Muhammadiyah Buya Syafii Maarif memicu kerinduan banyak warganet yang terinspirasi oleh konsistensinya sebagai 'guru bangsa'. Kesederhanaan dan konsistensi mendiang Buya Syafii Maarif menginspirasi banyak warganet. (Foto: CNN Indonesia/Tunggul)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kata kunci 'Buya' menjadi trending topic alias tema yang paling banyak dibicarakan di Twitter usai Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Ahmad Syafii Maarif berpulang, Jumat (27/5). Netizen pun berbondong-bondong mengungkapkan kerinduan dan kepedihan mereka.

Buya Syafii sebelumnya meninggal dunia di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, DIY pada Jumat (27/5) pukul 10.15 WIB.

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat tgl 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/5).


Kabar wafatnya Buya Syafii sontak membuat jagat maya tersentak. Menurut pantauan CNNIndonesia.com pada Jumat (27/5) pukul 14.11 WIB, kata kunci "Buya" telah menjadi trending topic nomor wahid Indonesia dengan jumlah cuitan lebih dari 31 ribu.

"BUYA ... kami sangat merindukanmu dalam belasungkawa yang mendalam,"  dalam akun @CakCuk86.

Senada, akun @justHityou menceritakan bagaimana ayahnya mengagumi Buya sekaligus menjadikannya sosok yang akan selalu dirindukan.

"Saya pernah bertanya kepada ayah saya mengapa dia terlibat dalam muhammadiyah meskipun dia tidak menyukai organisasi keagamaan: "karena buya syafii maarif menunjukkan kepadanya bagaimana seharusnya seorang muslim dan indonesia," kicaunya.

"Dia akan selalu dirindukan. innalillahi wa innailaihi rojiun," imbuh dia.

Pemilik akun @stelacnau menyampaikan betapa beruntungnya Indonesia bisa memiliki sosok Buya Syafii.

"Indonesia sungguh beruntung memiliki Buya Syafii sebagai anak bangsa. Tokoh agama yg bener2 membimbing kita dengan keteladanan. Kami merindukan Gusdur setiap hari. Sekarang, kami akan merindukan Buya juga," aku dia.

Sejumlah pihak memang menyebut Buya sebagai sosok teladan karena konsistensinya dalam menyuarakan kebenaran. Seperti halnya Presiden Joko Widodo, yang sempat menengok Buya saat ia dirawat, yang menyatakan "Selamat jalan Sang Guru Bangsa".

(lom/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER