Sasar Pengguna 5G, Indosat Tambah 800 BTS Tahun Ini

CNN Indonesia
Selasa, 31 Mei 2022 16:14 WIB
Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) akan membangun 800 menara BTS untuk memperluas layanan 5G di berbagai wilayah Indonesia. Ilustrasi. Sebanyak 800 BTS ditargetkan dibangun Indosat untuk melayani 5G. (Foto: Aditya Panji)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) akan membangun 800 Base Transceiver Station (BTS) untuk memperluas layanan jaringan 5G di berbagai wilayah Indonesia.

Director and Chief Regulatory Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Danny Buldansyah menargetkan pembangunan 800 BTS akan rampung akhir 2022.

"Kami mau membangun 800 BTS lagi di tahun ini, tinggal pilih tempat-tempatnya," ujar Danny kepada wartawan, Selasa (31/5) di Jakarta.


"800 (BTS) sampai akhir tahun, mulai semester II," sambungnya.

Dia mengatakan saat ini layanan jaringan generasi kelima dari IOH baru mencakup lima wilayah. Di antaranya Jakarta, Makassar, Solo, Surabaya dan Balikpapan.

Kini, Danny mengaku masih harus memetakan mana saja pengguna smartphone 5G yang banyak tersebar.

"Tergantung analisa demand-nya di mana. Analisa kota-kota tempat paling banyak handset 5G ada datanya di kita," ujar dia.

Sebagai informasi pada November 2021, PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia resmi bergabung atau merger. Saat ini keduanya masih dalam tahap integrasi teknologi.

Danny memprediksi proses integrasi kedua perusahaan itu akan tuntas pada Desember 2022, kurang lebih satu tahun dari penetapan merger.

"Ini rencananya selesai satu tahun, jadi sebagian besar selesai Desember tahun ini sudah menjadi satu dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN). Ada sisa sedikit Maret tahun depan," tutupnya.

(can/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER