7 Aplikasi Investasi Aman dan Terdaftar di OJK

tim | CNN Indonesia
Kamis, 09 Jun 2022 11:17 WIB
Sebelum memulai berinvestasi, penting untuk tahu serta memilih aplikasi investasi yang aman dan terdaftar di OJK. Sebelum memulai berinvestasi, penting untuk tahu serta memilih aplikasi investasi yang aman dan terdaftar di OJK. (arsip foto Ajaib)
Jakarta, CNN Indonesia --

Investasi kini telah menjadi tren di masyarakat. Namun, hal ini sejatinya perlu dilakukan secara hati-hati dengan memilih aplikasi investasi yang aman dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebab, jika tidak aman dan terdaftar secara resmi, niat mendulang untung justru bisa jadi buntung. Untuk itu, penting mengenal dengan jelas berbagai aplikasi investasi yang ada di PlayStore maupun Apps Store sebelum menggunakannya.

Berikut daftar aplikasi investasi aman, tepercaya, dan terdaftar di OJK.


1. Bibit

PT bibit tumbuh bersamaBibit adalah salah satu aplikasi investasi yang aman dan terdaftar di OJK. (Diolah dari ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Bibit merupakan aplikasi investasi reksadana hingga surat berharga negara (SBN) milik PT Bibit Tumbuh Bersama. Aplikasi ini telah mengantongi izin dari OJK.

Melansir Play Store pada Senin (6/6), aplikasi Bibit telah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna. Sementara itu, mengutip informasi Bibit, ada beberapa layanan yang akan diberikan aplikasi ini, yaitu investasi dirancang sesuai profil risiko dan cocok untuk pemula yang ingin tinggal terima beres.

Kemudian, gratis biaya transfer untuk transaksi dengan GoPay dan LinkAja, tidak perlu upload bukti transfer atas transaksi yang dilakukan, ada rekomendasi reksadana pilihan, gratis biaya komisi, bebas pajak, investasi mulai dari Rp10 ribu, dan tentunya aplikasi mudah digunakan.


2. Ajaib

Aplikasi investasi dari PT Ajaib Teknologi Indonesia ini menawarkan peluang investasi mulai dari Rp1. Tak hanya menjadi aplikasi investasi aman dan terdaftar di OJK, Ajaib juga sudah mendapat izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Sebab, investasi di Ajaib tidak hanya pada instrumen saham dan reksadana, tapi juga kripto. Pengguna bisa melakukan investasi tiga produk hanya dalam satu aplikasi.

Khusus untuk saham, Ajaib mengklaim biaya broker lebih murah hingga 50 persen dari transaksi di aplikasi lain. Sementara untuk biaya komisi berkisar 0,08 persen sampai 0,1 persen sesuai volume transaksi.

Biaya ini tidak termasuk pajak pertambahan nilai (PPN), pajak penghasilan (PPh), hingga retribusi. Ajaib juga memberikan peringkat dan pilihan reksadana kepada pengguna untuk memudahkan penempatan investasi.


3. Pluang

Pluang menawarkan investasi di berbagai instrumen, mulai dari saham, reksadana, emas, hingga kripto. Investasi di aplikasi milik PT PG Berjangka ini bisa dimulai dari Rp5.000 per transaksi.

Pembayaran investasi di Pluang bisa menggunakan transfer bank maupun dompet digital, seperti Gopay, LinkAja, hingga Jenius. Registrasi diklaim cuma butuh 2 menit saja.

Investasi di Pluang juga tanpa tambahan biaya. Khusus untuk investasi saham, pembelian bisa menyasar saham-saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan bursa saham Amerika Serikat.

Hal ini membuat pengguna bisa berinvestasi di saham-saham perusahaan multinasional, seperti Amazon, Microsoft, McDonald's, Starbucks, hingga Visa.

Aplikasi investasi aman dan terdaftar di OJK lainnya, lanjut sebelah...

7 Aplikasi Investasi Aman dan Terdaftar di OJK

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER