Nyetir Ratusan Kilometer, Berapa Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid?

CNN Indonesia
Rabu, 22 Jun 2022 13:30 WIB
Pengukuran efisiensi bahan bakar Suzuki Ertiga Hybrid menggunakan metode full-to-full menggunakan Pertamax Turbo. Suzuki Ertiga Hybrid diuji keiritan konsumsi bahan bakar di Jawa Timur, Selasa (22/6). (Foto: CNNIndonesia/Febri Ardani)
Malang, CNN Indonesia --

Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengadakan sesi test drive Ertiga Hybrid di Jawa Timur, Selasa (21/6). Dalam kesempatan ini sekaligus untuk membuktikan sebarapa efisien konsumsi bahan bakar low MPV itu.

Dalam uji irit, Suzuki Ertiga Hybrid berhasil mencapai efisiensi bahan bakar 22,52 km per liter setelah dikendarai sejauh 140 km dari Batu menuju Surabaya.

Catatan itu merupakan untuk varian GX transmisi otomatis. Pengukuran efisiensi bahan bakar menggunakan metode full-to-full menggunakan Pertamax Turbo.


Tangki bahan bakar Ertiga Hybrid diisi sampai menggenang di batas atas dekat titik terakhir pipa. Kapasitas tangki Ertiga Hybrid 45 liter, namun jika semua jalur pipa terisi diperkirakan mencapai 47 liter.

Setelah diisi sesuai batas yang ditentukan, lubang tangki ditutup lalu disegel. Pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang menggelar tes uji irit ini juga menyegel tombol-tombol AC di kabin setelah ditetapkan bekerja pada suhu 20 derajat celcius dengan kondisi kipas level satu.

Tujuan penyegelan itu agar AC tidak diutak-utik sehingga bisa memengaruhi performa.

Total ada tujuh unit Ertiga Hybrid yang ikut dalam uji irit ini, yaitu tiga unit Ertiga Hybrid GX AT, satu unit Ertiga Hybrid Suzuki Sport AT dan tiga Ertiga Hybrid GX MT.

Semua unit diisi tiga orang jurnalis beserta barang-barang bawaan.

Cara berkendara dalam uji irit ini orientasinya mengejar efisiensi jadi ada berbagai trik yang digunakan seperti menjaga putaran mesin di bawah 2.000 rpm, kecepatan tak lebih dari 100 km per jam dan menjaga momentum mengikuti kontur jalan turunan atau tanjakan.

Kondisi perjalanan bervariasi mulai dari lintasan naik turun perbukitan, berjibaku dengan truk besar saat melintasi jalan tol Malang-Surabaya, dan merasakan macet dan di Surabaya.

Suzuki Ertiga HybridPengukuran efisiensi bahan bakar Suzuki Ertiga Hybrid menggunakan metode full-to-full menggunakan Pertamax Turbo. (Foto: CNNIndonesia/Febri Ardani)

Pengukuran terakhir dilakukan di Surabaya, caranya mengisi bahan bakar di SPBU sampai mendekati batas seperti saat pengisian. Kemudian mobil dikendarai lagi ke lokasi lain untuk kemudian diisi bahan bakar lagi menggunakan gelas ukur hingga mencapai batas presisi seperti pengisian.

Setelah itu total bahan bakar yang ditambah, yaitu dari SPBU dan gelas ukur, dihitung. Kemudian dibagi riwayat jarak tempuh masing-masing mobil hingga ketemu angka km per liter.

Hasil terbaik didapat Ertiga Hybrid GX AT nomor satu 22,52 km per liter, tangki mobil ini tercatat telah ditambah 6,22 liter dan menempuh jarak 140,1 km.

Sedangkan hasil terbaik varian MT didapat mobil nomor dua dengan catatan 18,77 km per liter usai diisi 7,39 liter dan dikendarai sejauh 138,7 km.

(fea/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER