Mengenal 'Ikan Penis', Cacing yang Ramai-ramai Terdampar di Pantai AS

CNN Indonesia
Kamis, 23 Jun 2022 10:41 WIB
Ribuan cacing spesies Urechis caupo pernah terdampar di Pantai Drakes, California, AS, 2019, dan menghebohkan warga. Kenapa bentuknya bisa seperti itu? Salah satu spesies cacing yang tenar disebut 'penis fish' pernah ramai-ramai terdampar di pantai AS. (Foto: Jerry Kirkhart via Wikimedia Commons (CC-BY.2.0))
Jakarta, CNN Indonesia --

Ribuan 'ikan penis' atau cacing yang masuk spesies Urechis caupo pernah menggemparkan pesisir Pantai Drakes, California, Amerika Serikat, 2019. Kok bisa?

Tiga tahun lalu, pejalan kaki di tepi Pantai Drakes, California, sempat dikejutkan oleh ribuan ikan yang terdampar dengan ukuran sekitar 30 sentimeter.

"Saya tidak tahu apa itu. [Area ikan terdampar] sejauh 2 mil," kata Ford, salah seorang warga.


"Saya berjalan selama setengah jam lagi dan mereka tersebar di mana-mana. Ada burung camar yang berbaris di sepanjang pantai karena makan begitu banyak sehingga mereka hampir tidak bisa berdiri," sambung dia.

Fenomena terdamparnya ikan penis di pantai itu sempat dibagikan oleh Josie Jones ke Marine Research Group of the Field Naturalists Club of Victoria di media sosial.

Cacing berbentuk unik ini membuat lubang berbentuk 'U' di pasir atau lumpur, lalu mengeluarkan jaring berlendir yang masuk ke mulutnya untuk menyedot makanan.

"Ikan itu menggunakan kontraksi (peristaltik) untuk memompa air melalui mulutnya, menghisap cacing, plankton, bakteri, dan bagian lain ke dalam jaring ini," kata ahli biologi, Ivan Parr, dikutip dari iflscience.

Seperti vakum, lanjutnya, "cacing itu menyeruput semuanya kembali ke mulutnya, mengambil partikel yang ingin dimakannya dan membuang sisanya ke dalam terowongan."

Hewan-hewan ini mendapatkan nama "cacing pemilik penginapan" karena makhluk lain akan sering pindah ke terowongan yang telah mereka buat dengan penuh kasih. Mereka mendapat nama "ikan penis" karena mereka benar-benar terlihat seperti alat kelamin.

Parr menjelaskan Urechis memiliki empat spesies ikan penis yang tersebar di banyak wilayah Asua. Spesies jenis Caupo adalah satu-satunya spesies yang ditemukan di Amerika Utara; tiga lainnya ditemukan di Asia, di mana hewan ini kerap dikonsumsi sebagai makanan pelengkap.

"Kami melihat risiko membangun rumah Anda dari pasir," kata dia.

Parr menduga badai kuat El Niño yang terjadi bertahun-tahun sangat mampu mengepung zona intertidal, memecah sedimen, dan mengeluarkan sebagian isinya di pantai.

Karakteristik 'ikan penis' di halaman berikutnya...

Cacing yang Hidup Berkelompok

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER