Twitter Uji Fitur Baru Notes untuk Cuitan Panjang Lebih 280 Karakter

CNN Indonesia
Jumat, 24 Jun 2022 07:00 WIB
Twitter mengonfirmasi menguji fitur baru Notes untuk pengguna menulis blog tak terbatas 280 karakter. Ilustrasi. Twitter bersiap merilis fitur Notes untuk menyaingi situs blog Wordpress. (AFP PHOTO / JONATHAN ALCORN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Platform media sosial Twitter sedang menguji fitur blogging baru bernama Twitter Notes. Fitur baru itu sedang di uji untuk sekelompok pengguna tertentu di AS, Inggris, Kanada, dan Ghana dan bisa dibaca pengguna di sebagian besar negara.

Cara kerja Notes dijelaskan di unggahan di Twitter melalui dua GIF terpisah. Dari salah satunya terlihat pengguna mengklik tab 'Write' untuk mulai menulis Notes, kemudian setelah selesai hasilnya bisa ditempel ke tweet.

Menurut The Verge, beberapa pengguna telah mengunggah Notes yang muncul sebagai postingan bentuk panjang yang di dalamnya terdapat tweet, video, dan gambar menjadi satu.


Bocoran informasi dan laporan berita tentang Notes telah ada selama berbulan-bulan ke belakang. Ini termasuk info dari TechCrunch pada Selasa (21/6) yang mengonfirmasi fitur tersebut sedang dalam tahap uji coba.

Dikutip dari 9to5Mac, masa awal Notes ingin ditambahkan ke Twitter terdeteksi oleh peneliti aplikasi Jane Wong, yang menunjukkan menu tersembunyi Notes di situs jejaring sosial itu. Meskipun tidak ada rincian tentang cara kerja Notes, tapi saat itu dikatakan kemungkinan pengguna bisa menulis artikel tanpa batasan 280 karakter.

Tangkapan layar yang dibagikan Wong menunjukkan pengguna akan memiliki opsi "Create a Twitter Article" yang menunjukkan bahwa fitur tersebut tidak akan dibatasi untuk kategori akun tertentu.

Pada April, tangkapan layar berisi bocoran fitur Notes juga dimunculkan peneliti aplikasi lainnya, Nima Owji. Dia menunjukkan ada opsi bagi pengguna untuk berbagi unggahan dengan pengikut mereka atau membuat tautan tersendiri untuk dibagikan di tempat lain di web.

Menurut Owji, Notes akan memiliki beberapa gaya dasar untuk teks, seperti Bold, Code, Italic, strikethrough dan Underline.

Menambahkan tulisan panjang ke Twitter dapat secara drastis mengubah karakter platform, yang telah lama ditentukan oleh tulisan pendek 140 karakter lalu berubah menjadi 280 karakter pada 2017.

Dengan memasukkan tulisan bentuk panjang ke dalam platformnya, Twitter berpotensi menangkap lebih banyak nilai dari setiap postingan. Menerbitkan artikel atau catatan langsung ke Twitter akan membuat teks dapat diindeks untuk tujuan pemasaran dan pencarian.

Firma intelijen produk seluler Watchful.ai juga dapat mengonfirmasi pengembangan Notes, yang ternyata siap diluncurkan dalam versi terbaru aplikasi Twitter. Perusahaan juga mengonfirmasi bahwa fitur tersebut terletak di sebelah "Tweet & Reply" di mana Twitter memberikannya tempat yang menonjol di profil pengguna.

Masih belum jelas apa tujuan Twitter lewat pembuatan fitur Notes ini. Interpretasi yang memungkinkan adalah bahwa platform micro-blogging bertujuan menghilangkan bagian 'mikro' dan bersaing langsung dengan layanan blogging lengkap.

Misalnya, WordPress dan Medium yang memungkinkan pengguna bebas mencampur dan mencocokkan tweet dengan potongan bentuk panjang pada platform yang sama.

Tetapi mungkin ambisi perusahaan lebih kecil, yaitu hanya berencana menawarkan alternatif lebih nyaman untuk tweetstorms, bagi mereka yang sesekali memiliki keinginan sesekali membuat posting lebih panjang.

[Gambas:Video CNN]

(ttf/fea)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER