Spesifikasi Honda ADV 160, Cara Skutik Petualang Tak Dibuat 'Lembek'

CNN Indonesia
Jumat, 01 Jul 2022 19:30 WIB
Skutik ADV 160 diklaim lebih bertenaga dengan desain yang lebih lebih lebar di bagian belakang. Honda ADV 160 mulai menggusur pasar PCX dan Nmax. (Foto: Honda)
Jakarta, CNN Indonesia --

Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan skutik petualang yang kini menggunakan mesin lebih bertenaga, ADV 160. Sentuhan baru dikatakan bukan cuma kepada sektor mesin, melainkan desain hingga penambahan fitur.

Honda memasarkan motor ini dengan dua tipe, ABS dan CBS dan total 6 varian warna. Tipe ABS dipasarkan Rp39,25 juta dan CBS Rp36 juta. Harga tersebut sudah berstatus on the road Jakarta.

Lantas seperti apa spesifikasi dari ubahan ADV 160?

Desain

Secara garis besar, Honda masih mempertahankan bahasa desain ADV 160. Profilnya masih sama, bodi besar, jangkung, batang kemudi lebar, hingga ban dual purpose sebagai tanda ini merupakan skutik petualang.

Namun, kali ini ada sentuhan baru pada sisi bodi samping belakang yang mempunyai penampang lebih lebar, dan bodi samping depan yang dibuat tajam sehingga membuat ruang pijakan kaki (step floor) lebih luas.

Berubahnya bentuk bodi samping ini juga menambah luas volume bagasi. Kini model ini memiliki ruang penyimpanan sebesar 30 liter (naik 2 liter).

Lalu dari tampilan depan, desain lampu dipertahankan dengan LED dan daytime running lights (DRL). Di belakang, skutik ini juga dilengkapi lampu stop dan lampu sein LED, dan dipadukan dengan spakbor yang memiliki desain layaknya motor besar.

Berikutnya tinggi jok dibuat menjadi 780 mm, atau lebih rendah dari sebelumnya (berkurang 15 mm).

Mesin

adv 160 saat ini telah didukung mesin 160 cc 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Mesin saat ini dapat melepas 11,8 kW atau 15,8 hp pada 8.500 rpm dan torsi hingga 14,7 NM pada 6.500 rpm.

Tenaga mesin tercatat lebih besar dari Vario 160 yang menghasilkan tenaga maksimal hingga 15,3 hp pada 8500 rpm dengan torsi 13,8 Nm pada 7000 rpm.

Namun begitu, mesin ADV 160 tenaganya sama dengan PCX160 yakni 15,8 hp pada 8.500 rpm dan torsi 14,7 nm pada 6.500 rpm.

Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda WMTC-EURO 3, konsumsi bahan bakar adv 160 menunjukkan angka 45 km per liter (fitur ISS on), sehingga mampu menempuh jarak hingga 364 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.

Ubahan ini tentu membuat ADV 160 lebih bertenaga dari sebelumnya.

Fitur

Sementara itu kini panel meter full digital sudah berdesain baru dengan memiliki layar besar. Pengguna kini bisa mendapatkan informasi putaran mesin (takometer/rpm meter) dan trip duration (elapsed time). Tombol pengaturan dipisah, terletak di antara handle bar dan panel meter.

Selain dua hal baru tersebut, informasi lain yang didapat antara lain indikator aki, indikator suhu luar (yang pertama di kelasnya), konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, indikator penggantian oli mesin, jam, Trip A dan Trip B.

Untuk kenyamanan, telah dilengkapi juga USB charger pada console box dengan daya maksimal 5V 2,1A, menggantikan power charger pada model lama.

Lalu khusus tipe ABS, telah disematkan teknologi Honda Selectable Torque Control (HSTC).

Fitur yang biasa disematkan pada big bike dan motor-motor premium Honda itu berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dihindari.

[Gambas:Video CNN]

(ryh/arh)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER